Pengaruh Morning Sickness bagi Janin

Hidup Sehat – Sebagian besar wanita hamil sebanyak 85 persen mengalami morning sicknesss dengan gejala mual atau muntah selama trimester pertama. Bukan hanya itu, gejalanya esktrim lainnya juga bisa mempengaruhi fisik maupun suasana hati.

Hasil riset yang dilansir melalui Journal of Reproductive Toxicology menyatakan bahwa morning sickness cukup bermanfaat baik bagi perkembangan janin. Riset yang dilakukan tersebut, terdiri dari 850 ribu wanita hamil sebagai korespondennya.

Melalui Parenting disebutkan jika hasil riset menyatakan wanita hamil yang mengalami mual dan muntah memiliki resiko keguguran yang lebih kecil. Pada umumnya bagi yang mengalami kondisi tersebut melahirkan bayi sehat. Sebanyak 9,5 persen wanita hamil yang tidak mengalami morning sickness mengalami kelahiran prematur, namun hanya terdiri 6,4 persen saja yang mengalami kelahiran bayi secara prematur.

Kondisi Morning Sickness biasanya disebabkan dari peningkatan level hormon human chorionic gonadotropin (HCG) yang dilepaskan plasenta pada trimester pertama.  Apabila Anda sedang hamil dan tidak mengalami kondisi mual dan muntah di pagi hari, tidak perlu khawatir karena tidak semua orang mengalaminya. Riset yang dilakukan hanya sebagai informasi tambahan.

Konsultasikan ke dokter kandungan Anda apabila Anda mengalami gejala mual dan muntah di pagi hari, apalagi jika cukup parah dan mengganggu. Beberapa langkah sederhana yang bisa dilakukan seperti makan dalam porsi kecil-kecil dengan durasi singkat sepanjang hari, minum air yang banyak, mengonsumsi manisan jahe atau peppermint, makan kudapan atau makanan kecil, minum vitamin prenatal, dan  memperbanyak istirahat.