Manfaat Kentang Untuk Kesehatan

Hidup Sehat – Membahas mengenai kentang, mungkin hampir semua orang menyukainya. Kentang adalah umbian yang termasuk salah satu makanan berat dengan kandungan lemak yang cukup tinggi. Tetapi bagi Anda yang menyukai kentang. Anda harus mengetahui manfaat kentang untuk kesehatan Anda jika mengonsumsinya dalam porsi yang wajar.

Hampir setiap orang pasti memiliki jenis sayuran favorit masing-masing. Namun, kentang tentunya tidak bisa diabaikan kan karena merupakan kesukaan banyak orang. Akan tetapi, kandungan lemak dan karbohidratnya yang tinggi sehingga banyak yang menganggap kentang menjadi salah satu musuh bagi orang yang hendak menjalani program diet atau menurunkan berat badan.

Bukan hanya dijauhi oleh orang yang menjalani program diet, kentang juga menjadi cukup ditakuti bagi orang yang hendak menjaga kebugaran tubuh. Dikarenakan mengonsumsi kentang secara berlebihan justru memberikan dampak tidak baik bagi kesehatan. Namun apabila mengonsumsinya dalam porsi yang tepat, kentang sebenarnya baik untuk kesehatan Anda.

Tanaman umbian ini mengandung kaya akan serat dan kalium yang diketahui memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh Anda. Manfaatnya berupa menurunkan tekanan darah, melindungi jantung, serta mampu mengobati peradangan.

Berikut manfaat kentang apabila mengonsumsinya dalam jumlah yang sesuai.

Kesehatan jantung

Kentang kaya akan serat, kalium, vitamin C dan B6. Semua kadungan nutrisi tersebut sangat baik bagi kesehatan jantung. Serat dapat berguna dalam membantu menurunkan kadar kolesterol berlebih di dalam darah. Hasil riset juga menyatakan bahwa serat mampu menurunkan resiko penyakit jantung. Serta, kalium dapat membantu melindungi jantung.

Memperkuat tulang

Kentang juga mengandung magnesium dan kalium yang memiliki kontribusi besar pada kesehatan tulang. Kandungan mineral tersebut yang dapat membantu mencegah osteoporosis (keropos tulang) baik yang terjadi pada pria maupun wanita, serta dapat juga memperkuat tulang.

Membangun kekebalan

Melalui hasil riset menyebutkan bahwa kentang juga memiliki manfaat bagi system kekebalan tubuh. Kentang diketahui dapat menurunkan leukosit yang diproduksi di dalam tubuh yang disebabkan karena peradangan atau saat seseorang mengalami sakit.

Membantu pencernaan

Kentang mengandung serat yang mendukung dan melancarkan system pencernaan. Pati dalam kentang berperan besar dalam menambah jumlah  besar ke feses karena tidak dapat dicerna. Kentang juga diketahui baik dalam membantu menjaga diare dan kandungan kaliumnya yang disebabkan hilangnya mineral karena diare. Sebagian besar serat kentang terdapat pada kulitnya.