Tanaman Brotowali Yang Memiliki Banyak Manfaat Kesehatan

Hidup Sehat – Brotowali yang memiliki ciri khas rasa nya yang pahit namun manfaat dari brotowali bagi kesehatan sangatlah banyak. Maka tidak heran jamu brotowali yang memiliki rasa yang pahit juga sangat disukai orang yang sudah mengerti akan manfaatnya.

Brotowali yang mempunyai nama latin Tinospora cordifolia populer juga dengan sebutan bratawali, akar ali-ali, putrawali, antawali, andawali, atau daun gadel. Tanaman herbal ini sangat populer sebagai obat tradisional Indonesia terutama sebagai minuman jamu. Jenis tanaman yang masih satu keluarga Menispermiaceae ini banyak terdapat di daerah Asia Tenggara dan India. Brotowali ini sendiri termasuk dalam tanaman obat tradisional yang sudah dimanfaatkan selama bertahun-tahun oleh masyarakat Indonesia untuk menyembuhkan penyakit, yang mana salah satunya adalah diabetes.

Dari penelitian yang telah dilakukan dengan brotowali ini diketahui sangat kaya dengan kandungan senyawa fitokimia yang sangat berguna untuk kesehatan tubuh. Diantaranya ada flavonoid, alkaloid, flavon glikosida, firoditerpen, triterpen, sterol, diterpen, lakton, diterpen glikosida, lignan, dan nukleosida. Dari kandungan yang beragam pada brotowali ini memiliki sangat banyak manfaatnya untuk kesehatan yang yang perlu anda tahu.

Tumbuhan yang sering tumbuh liar dan menjalar ini memiliki rasa yang sangat pahit, namun khasiatnya dalam mengobati berbagai penyakit maupun memelihara kesehatan tidak perlu diragukan lagi. Karena dimulai dari akar hingga daun tanaman ini bisa bermanfaat bagi kesehatan

1 Manfaat Akar Brotowali

Pada akar Brotowali terdapat zat yang bernama pikroretin, zat pahit yang terdapat pada batang juga. Zat ini dapat berfungsi sebagai perangsang kinerja urat saraf pada saluran pernafasan. Yang terjadi ialah keadaan suhu tubuh yang panas akan menurun seiring berjalanan pertukaran kinerja zat di dalam tubuh, sehingga pernafasan dapat berjalan lancar.

2 Manfaat Batang Brotowali

Batang dari tanaman Brotowali ini dapat anda rebus  kemudian untuk pengaplikasiannya bisa dioleskan saja ataupun diminum, sesuai kebutuhan yang akan dicapai. Karena dimana Brotowali yang bekerja sebagai obat alami untuk penambah nafsu makan bisa juga di campur dengan daun Brotowali, atau bisa juga diminum sebagai obat untuk penyakit Hepatitis. dari batang dan daunnya yang diolah secara bersama, dengan minum air rebusan dari brotowali ini bisa bermanfaat untuk mencegah terjadinya hepatitis dan kanker hati, karena adanya senyawa terpan, flavanoid, alkaloid, steroid yang memiliki fungsi sebagai hepatoprotektor atau bisa disebut dengan pelindung bagi hati.

3 Manfaat Dari Daun Brotowali

Daun Brotowali juga memiliki manfaat untuk membersihkan luka pada bagian luar. Maka jika tidak tersedia obat kimia untuk pembersih luka, cukup dengan rebusan dari daun Brotowali saja anda dapat membersihkan luka anda. Tidak hanya sebatas itu saja, daun Brotowali yang telah direbus, dapat diminum sebagai obat  untuk melancarkan system pencernaan dan bisa juga digunakan sebagai Ramuan Tradisional Untuk Mengobati penyakit Rematik.

Tanaman Brotowali yang merupakan tanaman yang tumbuh alami sebagai obat tradisional yang telah dimanfaatkan oleh para nenek moyang kita di zaman dahulu.

Bahkan hingga kini pun, masih banyak yang mengkonsumsi Brotowali demi menjaga kesehatan ataupun untuk mengobati sakit. Yang mana walaupun memiliki rasa yang pahit hal itu tidak menjadikan konsumen Brotowali menurun. Sehingga kita dapat menggunakan tanaman Brotowali yang memiliki banyak manfaat yang bisa kita dapatkan.