Akar Teratai Yang Memiliki Kandungan Nutrisi Penting Untuk Kesehatan

Hidup Sehat – Pohon teratai yang merupakan tanaman air yang banyak tumbuh di lumpur pada kolam yang dangkal, laguna, rawa-rawa dan juga ladang yang basah. Di negara Tiongkok sana pohon teratai merupakan makanan yang sangat populer dan itu semua tidak terlepas dari kandungan yang ada pada teratai yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Dan salah satu bagian dari pohon teratai yang sangat kaya akan kandungan zat positif adalah akar dari pohon teratai.

Berikut ini beberapa kandungan nutrisi yang ada pada akar pohon teratai yang sangat bermanfaat bagi kesehatan.

1 Serat

Didalam akar teratai terkandung serat yang sangat tinggi yang mana nutrisi satu ini sangat membantu untuk mengurangi gula, kadar kolesterol, dan mencegah sembelit ataupun wasir.

2 Vitamin C

Selain memiliki kandungan serat yang tinggi di dalam akar teratai juga memiliki vitamin c yang sangat tinggi pula. Untuk vitamin ini sangat diperlukan tubuh untuk memproduksi kolagen, menjaga kesehatan pembuluh darah, dan juga tulang. Selain itu, vitamin C juga mampu meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh, melindungi Anda dari serangan infeksi virus, serta mencegah penyakit kanker.

3 Vitamin B Kompleks

Vitamin B kompleks yang ada di dalam akar teratai memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan, seperti mengurangi risiko terkena serangan jantung, meningkatkan gairah, mencegah stres dan juga sakit kepala.

4 Mineral

Pada akar teratai terdapat juga kandung tembaga, besi, kalium, seng, magnesium, dan mangan. Semua mineral yang ada pada akar teratai ini memiliki peran sangat penting untuk memproduksi sel darah merah, meningkatkan fungsi otot dan saraf, memproduksi enzim, serta menyehatkan pencernaan.

5 Elektrolit

Akar teratai memiliki keseimbangan elektrolit yang bagus yaitu antara sodium dan potasium dengan perbandingan 1:4. Sodium sendiri memiliki  manfaat untuk memberikan rasa pada akar teratai, sementara pada potasium manfaat untuk kesehatan adalah dapat mengatur tekanan darah dan juga detak jantung.

Dan untuk akar teratai ini sendiri juga sudah dari dulu dipergunakan dalam dunia pengobatan tradisional tiongkok untuk mengobati berbagai penyakit yang mana diantaranya  gondokan, diare, disentri dan masih bayak yang lainnya.