Ketahui Gejala Awal Kanker Ginjal

Hidup Sehat – Belakangan ini dunia hiburan sempat dihebohkan berita yang datang dari penyanyi. Vidi Aldiano mengalami kanker ginjal. Info terkini yang beredar, kondisi Vidi Aldiano sudah sampai pada stadium tiga. Mari kita kenali kanker ginjal dan faktor resikonya.

Profesot Ari Fahrial Syam, Akademisi dan Praktisi Klinis mengungkapkan bahwa kanker memang salah satu yang cukup ditakuti oleh masyarakat. Hampir semua orang pada tubuh kita dapt tumbuh menjadi sel kanker. Tidak terkecuali dengan kanker ginjal. Kanker ginjal dengan jenis terbanyak adalah adenokarsinoma yang berkembang pada parenkim ginjal yang biasanya disebut sebagai kanker sel ginjal. Biasanya kanker usus juga umumnya berasal dari adenokarsinoma.

Prof. Ari menjelaskan “Sama seperti penyakit kanker yang lain awal penyakit kanker ginjal tidak jelas. Pasien dengan kanker ginjal bisa saja diawal datang dengan BAK (Buang Air Kecil) yang keruh atau seperti air cucian daging.”

Meskipun, BAK keruh tidak selalu disebabkan karena kanker ginjal. Dengan menempuh pemeriksaan urin akan menemukan bahwa memang terdapat sel darah merah atau eritrosit pada urin atau air seni orang tersebut.

Adanya darah pada urin, dapat mengakibatkan penderita mengalami pucat atau anemis. Pemeriksaan laboratorium bisa menemukan adanya hemoglobin yang turun di bawah nilai normal.

Tidak hanya itu, penderita juga dapat merasakan sakit pada pinggang, bahkan ada pula yang merasakan adanya benjolan pada perut tengah kanan atau kiri. Melalui hasil pemeriksaan fisik dokter menduga telah terjadi pembengkakan pada ginjal. Pemerikasaan USG abdomen akan menemukan adanya tumor pada ginjal. Sedangkan melalui pemeriksaat CT Scan abdomen akan lebih menunjukkan adanya kanker ginjal bahkan penyebaran sel kanker yang telah terjadi.

Para penderita kanker, tidak terkecuali kanker ginjal biasanya akan mengalami penurunan berat badan, lemas dan nafsu  makannya berkurang. Bagi penderita akan divonis adanya tumor ginjal oleh dokter umum atau dokter spesialis penyakit dalam.