Buah Asam Jawa Yang Begitu Banyak Manfaat Untuk Kesehatan

Hidup Sehat – Buah asam jawa atau yang memiliki nama latin Tamarindus indica ini biasanya banyak digunakan masyarakat Indonesia dalam berbagai masakan yang mana fungsinya sebagai bumbu dapur. Karena asam jawa berguna dalam membuat rasa masakan menjadi ada asamnya.

Asam jawa yang termasuk ke dalam jenis tanaman yang memiliki buah polong dan memiliki batang yang keras juga ukuran yang besar. Warna dari bunga asam jawa ini kuning kemerah-merahan sedangkan warna buahnya atau biji nya adalah coklat. Untuk rasa buah asam ini memiliki khas yaitu dengan rasa asamnya yang sangat menyegarkan.

Untuk manfaat nya bagi kesehatan asam jawa ini sendiri dikarenakan beragam kandungan yang terdapat didalamnya yang mana kandungan tersebut meliputi asam sitrat, asam anggur, asam suksinat, pectin dan juga gula invert.  Di dalam kulit biji asam juga ada kandungan albuminoid dan pati. Dan dalam daun buah masam ini terkandung flavonoid, saponin, dan kanin. Maka dari itu asam jawa ini sudah sangat terkenal akan manfaatnya dari dulu dapat digunakan sebagai pengobatan secara alami sejak lama. Yang mana hal pertama dikarenakan buah ini kaya akan vitamin C  yang mana kita tahu dapat menyembuhkan berbagai penyakit.

Penyakit-penyakit yang mana kita tahu biasanya kita mengunakan asam jawa sebagai obatnya seperti misalnya pengobatan demam, menurunkan kadar kolesterol darah yang tinggi, rematik, sariawan, sakit kuning, cacingan, sulit tidur, bisul, koreng dan luka.  Bahkan asam jawa juga bermanfaat untuk kecantikan karena asam jawa bisa menghilangkan noda-noda di kulit wajah yang mana bisa membvuat kulit tampil lebih bersih dan putih.

Namun bagi anda yang memiliki kulit yang sensitive sebaiknya jangan menggunakan bahan alami ini untuk memutihkan kulit anda. Dan sebelum anda mengunakan buah asam jawa ini untuk proses kecantikan kulit wajah sebaiknya anda sudah mengecek kulit anda terlebih dahulu apakah kulit anda sensitif atau tidak. Dan jika anda belum mengetahui apakah kulit anda sensitif atau tidak anda bisa mengeceknya dengan cara mengoleskan tumbukan dari buah asam ini ke bagian belakang telinga dan apabila terjadi alergi segeralah hentikan penggunaannya.

Asam jawa juga bermanfaat untuk diet

Buah asam ini juga merupaka bahan alami yang mampu menurunkan berat badan yang mana sangat bermanfaat untuk program diet. Karena hal ini sudah dilakukan penelitian dan pada  penelitian tersebut menyimpulan bahwa ektrak asam jawa yagn diberikan pada tikus terbukti mampu menurunkan berat pada tikus yang menderita obesitas. Karena pada asam jawa memiliki zat asam hidroksitikit atau HCA yang mana sudah pernah disimpulkan dari sebuah penelitian yang pernah dilakukan bahwa zat HCA mampu membantu untuk menghambat penyimpanan lemak.

Untuk memperoleh manfaat dari asam jawa dalam program diet  anda hanya butuh membuat minuman dengan bahan alami ini dan meminumnya secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Dan jika anda ingin mendapatkan rasa yang lebih nikmat anda bisa mengkombinasikan dengan kunyit.

Pertama, kedua bahan tersebut kita rebus dengan air kemudian Tunggu hingga mendidih. Kalau sudah, saring air rebusan tersebut. Selanjutnya mau diminum sewaktu hangat atau dingin sesuai selera kita. Selain baik untuk diet, khasiat asam jawa yang lain juga masih sangat banyak. Yang mana diantaranya yaitu kesehatan pencernaan menjadi terjaga, dapat melarutkan makanan secara cepat, meningkatkan kerja empedu, mengobati sembelit kronis, dan diare kronis. Asam Jawa juga dipercaya mampu memelihara kesehatan jantung. Selain itu juga sudah terbukti ampuh untuk menekan kadar kolesterol yang jahat dan mampu menurunkan tekanan darah. Kandungan vitamin C yang ada di dalamnya buah asam jawa ini bermanfaat sebagai anti oksidan. Sehingga ia dapat menangkal serangan radikal bebas. Radikal bebas diketahui bisa menimbulkan bermacam penyakit berbahaya yang mana salah satunya adalah kanker yang cukup mematikan.