Daun Jintan Yang Sagat Baik Untuk Kesehatan

Hidup Sehat – Daun Jintan yang merupakan tanaman obat herbal selama ratusan tahun yang memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan manusia. ┬áDan perlu diketahui asal mulanya tanaman jintan atau daun jinten ini berasal dari afrika selatan. Dan tanaman ini memiliki nama yang berbeda beda di berbagai daerah.

Di wilayah Sunda, disebut Aceran, disebut Iwak di Bali, dan di beberapa daerah lain disebut daun kucing, daun kambing, Majha Nereng dan sebagainya. Dan di luar negeri, tanaman ini memiliki nama lain lagi tanaman ini disebut indian mint, soup mint, kuban oregano dan french thyme.

Di dalam daun jinten ini memiliki beberapa zat-zat yang bisa membeli efek antiseptik, antimikroba, anthelmintik, karminatif dan pengencangan. Jadi, zat-zat ini dapat membantu mengatasi gangguan pencernaan seperti sakit perut, kembung, mual, diare, dan masih banyak lainnya.

1 Melawan Kanker

Daun jinten dikenal sebagai obat alami yang banyak mengandung asam lemak. Untuk alasan ini, jintan dikatakan dapat membunuh sel sel kanker berbahaya yang ada di dalam tubuh.

Hasil Penelitian yang dilakukan  juga menyebutkan bahwa jinten memiliki manfaat untuk menstimulasi produktivitas dan kekebalan sel sumsum tulang, menghasilkan interferon, melawan sel tumor / kanker dan melindungi sel normal sehingga tubuh akan selalu sehat.

2 Mencegah Peradangan

Khasiat daun jinten sebagai agen antiinflamasi dimaksudkan untuk mencegah peradangan. Selain itu, daun yang satu ini juga menghentikan peradangan yang telah terjadi di tubuh Anda sehingga bisa diobati dengan mudah.

3 Mengatasi Gangguan Pernafasan

Daun jinten juga memiliki beberapa sifat, seperti antitussif, ekspektoran dan bronkodilator, yang berarti daun jintan dapat digunakan untuk mengatasi berbagai kondisi pernapasan seperti pilek / batuk, batuk lendir, influenza, dan untuk membersihkan paru-paru dan juga tenggorokan.

4 Mencegah Resiko Jantung

Semua orang tahu bahwa penyakit jantung saat ini merupakan penyakit yang paling berbahaya dan mematikan. Diyakini juga bahwa manfaat jinten berdasarkan kandungan nutrisi dari minyak jinten menurunkan resiko penyakit jantung, tekanan darah dan kadar kolesterol dalam darah. Konsumsi minyak jintan secara teratur dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

5 Mengobati Asma dan Bronkitis

Daun Jinten mengandung kafein (afrodisiak) dan banyak minyak atsiri aromatik (disinfektan). Kombinasi ini adalah antikongensif, ideal untuk orang dengan penyakit pernapasan seperti asma dan bronkitis.