Beberapa manfaat Yang Penting Untuk Kesehatan Dari Daun Jarak

Hidup Sehat – Daun jarak yang merupakan tumbuhan yang aslinya berasal dari wilayah Meksiko Dan Amerika Bagian Selatan yang merupakan salah salah satu sepsies tanaman yang memiliki begitu banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Daun jarak yang merupakan tanaman herbal yang sudah sangat lama sekali dipercayai orang dalam mengatasi berbagai masalah akan kesehatan yang ringan maupun yang berat. Daun jarak yang memiliki nama ilmiah Ricinus communis dapat begitu bermanfaat untuk kesehatan yang mana dari zat-zat  yang ada daun jarak dibutuhkan memanang sangat penting oleh tubuh.

Dikutip dari berbagai sumber yang bisa dipercaya daun jarak mengandung sejumlah senyawa aktif seperti Alkaloid, Astragalin, Fitonutrien, Nicotiflorin, Kaempferol, Quercetin. Senyawa –senyawa inilah yang terkandung didalam daun jarak yang memiliki fungsi untuk kesehatan tubuh. Karena ada yang bersifat sebagai antioksidan, anti-bakteri, anti-inflamasi, dan sejumlah fungsi lainnya yang penting untuk merawat fungsi tubuh.

Beberapa manfaat daun jarak yang jarang di ketahui karena tumbuhan daun jarak yang tergolong dalam tanaman liar ini sering dipandang sebelah mata. Maka berikut ini adalah daftar manfaat daun jarak yang perlu  anda ketahui dan pastinya tak terduga bisa untuk kesehatan tubuh.

1 Penghasil Minyak

penyebab mengapa tanaman ini dinamai Ricinus Communis yang mana dikarenakan getah yang terkandung dalam daun jarak yang disebut ricin. Nah, getah ricin pada daun jarak dapat menghasilkan bahan bakar yang berupa minyak dan bisa dipergunakan untuk kebutuhan rumah tangga  Manfaat getah daun jarak yang satu ini utamanya bisa Anda peroleh dari spesies daun jarak pagar dan daun jarak wulung.

2 Sebagai Obat Sakit Gigi

Selain dapat menghasilkan bahan bakar minyak yang berskala mikro, manfaat getah daun jarak pagar dan jarak wulung juga bisa untuk mengatasi sakit gigi. Manakala Anda sedang mengalami sakit gigi anda dapat mengoleskan getah daun jarak ini pada bagian gigi yang sakit. Kandungan fitofarmaka bernama alkaloid yang ada pada getah daun jarak berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diklaim sangat efektif untuk meredakan sakit gigi.

3 Mengobati Sariawan

Masih berkaitan dengan manfaat dari getah daun jarak yang bermanfaat didaerah mulut yaitu dapat mengatasi sariawan. senyawa anti-inflamasi yang ada pada  detah daun jarak menjadikan daun jarak sebagai obat alternatif yang baik untuk mengobati sariawan. Untuk mengunakannya cukup ambil kapas halus dan ambil getah daun jarak dengan kapas tersebut lalu oleskan pada bagian yang terkenak sariawan. Lakukan cara ini secara rutin bebrapa  kali sehari hinga hasilnya terlihat.

4 Mengobati Keputihan Pada Mulut Bayi

Sangat perlu diketahui bagi anda pada orang tua bahwasannya balita sangat berpotensi untuk mengalami keputihan pada bagian mulut yang diakibatkan terinfeksi bakteri candida yang menempel pada bagian putting susu ibu. Dan jika anda mengalami hal ini pada balita anda maka selain dari menjaga kebersihan dari putting susu cara untuk mengatasi kondisi ini adalah dengan memanfaatkan daun jarak. Karena kandugnan senyawa anti bakteri dari daun jarak sangat ampuh untuk melawan bakteri candida  penyebab keputihan pada mulut balita tersebut. Ambil getah dari daun jarak yang terdapat di dalam batangna kemudian olehkan sedikit saja pada bagian mulit balita yang terinfeksi.

5 Mengobati Luka

Seperti yang kita jelaskan dari awal dalam daun jarak memiliki senyawa yang bersifat anti bakteri. Maka dari itu membuat daun jarak memiliki khasiat untuk mengobati luka yang ada pada kulit dan terutama luka yang sudah terlanjur terkena infeksi bakteri. Sama seperti cara mengobati sariawan untuk bisa mendapatkan manfaat daun jarak yang satu ini anda hanya perlu untuk mengoleskan getah dari daun jarak ini pada area kulit yang terluka dan diamkan beberapa saat hinga luka tersebut mongering.