Rumput Anting-Anting Yang Sangat Bermanfaat Untuk Kesehatan

Hidup Sehat – Pemikiran negatif dengan obat yang terbuat dari bahan kimia saatini mulai banyak bermunculan dimasyarakat. Dengan kondisi seperti ini sehingga membuat masyarakat mulai mencari obat-obatan dari bahan alam yang tidak menimbulkan efek samping yang dapat membahayakan seperti bahan kimia. Hal inilah yang menyebabkan peningkatan peranan pemanfaatan akan berbagai macam tanaman.

Sekarang ini untuk pengunaan produk dengan bahan herbal seperti herbal food, herbal cosmetics, herbal drink, hingga herbal medicine bukan hanya sebatas tren, namun sudah menjadi gaya hidup masyarakat. Hal ini sejalan dengan kecenderungan masyarakat Indonesia untuk kembali ke alam (back to nature).

Pada kesepatan ini akan kami bahas tentang salah satu tanaman herbal yaitu Anting-anting. Untuk tanaman ini sendiri sering kali dapat kita jumpai pada perkarangan rumah, kebun, pinggir sungai,dan juga pinggir jalan, dan  tempat lainnya  juga terdapat tanaman ini, karena tanaman anting ini tergolong dalam jenis tanaman rumput yang dapat tumbuh dengan mudah di mana saja.

Tanaman anting-anting merupakan tanaman liar yang mempunyai nama latin Acalypha australis.

Tanaman ating ini sendiri meniliki cirri-ciri fisik dengan tinggi sekitaran 30-50 CM Untuk batangnya dapat bercabang dan mempunyai garis kasar yang memanjang.

Tanaman anting ini memiliki sangat banyak manfaat seperti produk herbal. Untuk mengetahui ciri-ciri dari tanaman anting, manfaat, khasiat, klasifikasi lebih jelasnya dapat anda simak penjelasan yang sudah kami rangkum dari berbagai sumber. Karena tanaman anting ini memiliki banyak sekali manfaat dan juga khasiat yang sangat baik untuk kehidupan manusia.

Berikut ini manfaat dan khasiat yang bisa di dapat dari tanaman anting:

1 Sebagai Obat Batuk, Mimisan, Dan Juga Berak Darah

Untuk membuat ramuan daun tanaman anting sebagai obat batuk, mimisan,serta berak darah yaitu dengan siapkan 30 hingga 60 gram tanaman anting yang sudah dikeringkan. Lalu direbus dengan 2 gelas air sampai tersisa hanya 1 gelas saja. Kemudian dinginkan dan dibagi menjadi 2 untuk dapat diminum sebanyak dua kali dalam satu hari.

2 Sebagai Obat Disentri

untuk dapat dijadikan sebagai obat disentri cara mengolahnya sama dengan untuk membuat ramuan obat mimisan, batuk atau berak darah. Yang membedakan hanya pada cara minumnya yaitu harus diminum secara tratur selama 5 hingga 10 hari lamanya.

3 Sebagai Obat Diare Dan Muntah Darah

Cara meramu tanaman anting untuk obat diare dan muntah darah yaitu dengan cara, siapkan sebanyak 30 hingga 60 gram tanaman anting, kemudian jemur hingga kering, lalu direbus dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas saja, kemudian minum 2 kali sehari sebanyak masing-masing setengah gelas.

4 Sebagai Obat Luka Bakar Atau Obat Pendarahan

Mengunakan tanaman anting-anting sebagai obat luka bakar ataupun pendarahan anda hanya perlu menyiapkan tanaman anting-anting yang masih segar kemudian lumatlah tanaman tersebut secukupnya dan campurkan dengan sedikit gula pasir dan tempelkanlah pada bagian yang terluka.

5 Sebagai Obat Asam Urat

Ternayata tanaman anting juga dapat dijadikan sebagai obat untuk mengobati penyakit asam urat dan untuk cara  merebus akar tanaman anting yang sudah dikerinkan sebayak kurang lebih s60 gram dengan 3 gelas air .tunggu hingga mendidih dan tersisa setengah gelas air saja dinginkan dan minumlah 3 kali sehari.

6 Sebagai Obat Penyakit Kulit

Daun anting-anting selain digunakan untuk meredakan pendarahan serta luka bakar, dapat pula dimanfaatkan untuk mengatasi penyakit kulit, karena daun anting-anting mempunyai kandungan zat antiseptic yang sangat bermanfaat untuk mencegah penyebaran bekteri pada tubuh, seperti gatal dan juga kudis.

Selain beberapa manfaat diatas, meminum air rebusan akar serta daun dari tanaman anting dipercaya dapat mengobati anda dari sakit saraf kejepit. Apabila anda merasa kurang suka terhadap maka dapat pula anda mencampurnya dengan daun salam, daun sereh, serta gula jawa untuk menambah aroma serta cita rasa dari air rebusan tanaman herbal ini.

Untuk memastikan tanaman anting atau bukan sangat lah gampang karena anda hanya perlu memastikannya dengan cara melakukan tes yang cukup sederhana yaitu anda hanya perlu mencabut pohon tersebut hingga mencapai pada bagian akarnya kemudian biarkan beberapa saat, sehingga secara otomatis akan berdatangan para kucing untuk memakan akar tanaman tersebut. Hal demikian disebabkan karena pada bagian dari akar tanaman anting ini yang mempunyai banyak manfaat untuk berbagai macam pengobatan. Bahkan bagi kucing sangat berguna untuk melancarkan pencernaannya. Tanaman anting ini merupakan tanaman herbal semusim sehingga dengan mudah dijumpai pada berbagai tempat.