Beberapa khasiat  kesehatan Yang Ada Pada Tumbuhan Mahkota Dewa

Hidup Sehat – Tanaman mahkota dewa yang memiliki nama ilmiah Phaleria macrocarpa. Buah dari tanaman mahkota dewa ini sering disebut orang dengan nama buah Simalakama. Mendengar kata simalakama yang selalu identik dengan dua pilihan berisiko yang sama buruknya. Namun untuk nama ini melekat pada buah tanaman mahkota dewa bukan tanpa sebab karena buah mahkota dewa memang dikenal beracun namun dapat menyembuhkan.dan walaupun dalam konteks pengobatan kadang menimbulkan reaksi seperti pusing dan juga mual.

Buah mahkota dewa memiliki beragam manfaat yang telah banyak dirasakan masyarakat. Maka meski dengan label Simalakannya yang penuh resiko buah mahkota dewa masih tetap merupakan juara dari obat herbal hingga orang banten membelikan julukan raja obat untuk buah mahkota dewa ini. Ternyata tak hanya sebagai tanaman obat saja  pemanfaatan awal tanaman mahkota dewa ini justru hanya sebagai tanaman hias. Bunga tanaman mahkota memang sangat menarik dengan bentuk seperti terompet kecil dengan warna putihnya yang angun dan juga memiliki aromo harum yang sangat khas.

Mahkota dewa saat ini digemari sebagai tanaman obat herbal yang dikenal sangat ampuh dalam menghalau berbagai penyakit. Untuk bagian tanaman mahkota dewa yang biasa anda pergunakan sebagai bahan obat adalah batang, daun, dan juga buah. Khusus untuk bagian buah, jangan pernah mengkonsumsi bagian biji yang  memiliki kandungan racun yang tinggi.

Setelah di teliti tanaman khas papua ini untuk alternative pengobatan sebab dalam mahkota dewa memiliki kandungan flavonoid yang diketahui sebagai antioksidan dengan efektivitas yang tinggi sehingga mampu menetralkan efek nefrotoksisitas cisplatin atau kerusakan ginjal pada kemoterapi kanker serviks.

Walaupun terbukti ampuh sebagai obat untuk penyakit kanker cisplatin memiliki efek samping serius berupa nefrotoksisitas atau kerusakan pada ginjal. Melalui uji coba yang telah dilakukan terhadap sel ginjal normal dan sel Hela sebagai pemodelan sel kanker serviks, diperoleh hasil kombinasi cisplatin, dan ekstrak mahkota dewa mampu meningkatkan viabilitas atau jumlah sel hidup, serta dapat menjadi alternatif bagi pengobatan penyakit kanker serviks. Karena ekstrak mahkota dewa berpotensi sebagai agen nefroprotektor atau pelindung untuk ginjal.

Tanaman mahkota dewa sendiri yang sudah dikenal sebagai salah satu tanaman obat asli Indonesia yang asalnya dari daerah papua dengan ukuran tanaman tidak terlalu besar dengan tinggi bisa mencapai sekitaran 4 meter. Dan ternyata mahkota dewa ini sudah lama dipergunakan oleh bangsawan jawa sebagai obat tradisional. Dibagian jawa tengah tanaman mahkota dewa ini dulunya hanya bisa dijumpai di lingkungan keratin jogja dan solo. Tanaman Mahkota dewa ini sudah sangat dipercaya  dapat untuk mencegah dan membantu proses penyembuhan berbagai macam penyakit yang mana diantaranya tekanan darah tinggi, meningkatkan vitalitas bagi penderita kanker (zat damnacanthal: menghambat pertumbuhan sel kanker), diabetes, asam urat, lever alergi, ginjal, jantung. Termasuk juga berbagai macam penyakit kulit, mengatasi ketergantungan obat, rematik, meningkatkan stamina, dan memberikan ketahanan terhadap influenza.

Pada buah tanaman mahkota dewa ini mengandung beberapa zat aktif seperti, alkaloid, bersifat detoksifikasi yang dapat menetralisir racun di dalam tubuh. dan mengandung saponin, yang memiliki manfaat sebagai sumber anti bakteri dan juga anti virus, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan vitalitas, mengurangi kadar gula dalam darah, mengurangi penggumpalan darah. Kandungan lainnya yang ada pada buah mahkota dewa yaitu flavonoid, dapat melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh dan mencegah terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah, mengurangi kandungan kolesterol, serta mengurangi penimbunan lemak pada dinding pembuluh darah. Di samping itu, semua buah mahkota dewa juga mengandung antiinflamasi (antiradang) yang berfungsi sebagai anti-oksidan dimana untuk membantu mengurangi rasa sakit jika terjadi pendarahan atau pembengkakan.