Khasiat Kesehatan Yang Ada Pada Daun Cocor Bebek

Hidup Sehat – Tanaman cocor bebek yang memiliki nama latin Bryophyllum pinnatum yang berasal dari Madagaskar. Dan ternyata Tanaman itu juga tumbuh di beberapa negara di dunia, Macronesia, Selandia Baru, beberapa negara di Asia, Nepal, Thailand, Pakistan, Mesir, Indonesia, dan masih banyak lagi.Tanaman cocor bebek pada bagian daun memiliki banyak sekali khasiat bagi kesehatan.

Belum banyak orang yang tahu manfaat dari tanaman cocor bebek ini untuk masalah sehari-hari. Kebanyakan, orang-orang mengetahui tumbuhan cocor bebek ini dikarenakan sering tumbuh subur di pekarangan atau teras rumah. Dibalik itu semua ternyata tanaman ini dikenal sebagai tumbuhan herbal yang kandungannya bisa dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Meskipun sering tumbuh liar di kebun, tanaman dengan bentuk seperti paruh bebek ini juga dikenal sebagai tanaman hias.

Bagi anda yang ingin tahu manfaat dari tanaman cocor bebek ini berikut beberapa manfaat akan tanaman cocor bebek yang kami rangkum dari berbagai sumber yang bisa dipercaya.

1 Memiliki Kandungan Antiseptik Untuk Menyembuhkan Luka

Cocor bebek memiliki kandungan antiinflamasi dan juga antibakteri alamami yang sang cocok sebagai pengganti antiseptik untuk hal menyembuhkan luka. Selain itu, antibakteri yang terkandung di dalam cocor bebek pun bisa mencegah iritasi yang diakibatkan oleh luka. Untuk memanfaatkannya, anda cukup tumbuk daun cocor bebek hingga halus, campurkan sedikit air, dan tempelkan pasta tersebut pada daerah luka selama beberapa jam.

2 Sebagai Obat Sakit Kepala

Daun tumbuhan yang satu ini sangat aman untuk dikonsumsi tanpa perlu dimasak terlebih dahulu. Mengunyah daun cocor bebek yang habis dipetik ternyata mampu meredakan sakit kepala yang sedang dialami. Pasalnya, tanaman ini mengandung asam fomiat, magnesium, glucoside, dan kalsium yang baik untuk meredakan otot kepala yang menegang. Jika kamu tidak terbiasa mengunyah langsung daun tanaman cocor bebek ini, kamu bisa merebus daun tersebut dan minum air rebusan serta makan daunnya sebagai lalapan.

3 Mengobati Jerawat Dan Juga Bekas Jerawat

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya di atas tumbuhan cocor bebek ini mengandung antibakteri dan juga antiinflamasi yang ternyata dapat dipergunakan  untuk membunuh bakteri penyebab jerawat.

Untuk pengolahanya sendiri silakan Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengolahnya:

1 Lumat daun cocor bebek hingga halus.

2 Campur dengan air mawar secukupnya (atau air biasa jika tidak ada).

3 Usapkan campuran tersebut pada wajah.

4 Diamkan selama beberapa jam dan bilas dengan air hangat.

Dengan pemakaian secara teratur akan dapat menyembuhkan jerawat dan juga menghilangkan bekasnya.

4 Sebagai Obat Meredakan Demam

Manfaat cocor bebek juga meliputi fungsinya sebagai Obat  alternatif untuk kompres. Untuk pengaplikasiannya langkahnya sangat sederhana berikut dibawah ini

  1. Lumatkan 2-4 helai daun cocor bebek.
  2. Tempelkan daun cocor bebek yang sudah halus pada dahi atau kepala untuk jadikan sebagai kompres.

Selain itu, airnya remasan daun cocor bebek  juga bisa kamu balurkan pada tubuh sebagai kompres badan.

5 Sebagai Obat Sakit Gigi

Sakit gigi merupakan  salah satu penyakit yang dapat mengganggu akan produktivitas sehari-hari. Namun untungnya tanaman yang satu ini bisa menjadi solusi yang tepat untuk mengatasi masalah sakit gigi. Untuk pengaplikasiannya berikut ini beberapa langkah-langkah yang harus anda kerja kan untuk membuat obat alternative ini:

1 Siapkan 4-6 helai daun cocor bebek.

2 Lumatkan daun tersebut hingga halus.

3 Tempelkan di atas pipi gigi yang sakit.

Lakukan langkah di atas sesering mungkin yang anda bisa hingga rasa sakit pada bagian gigi hilang dan tak kembali.

6 Obat Untuk Gatasi Gigitan Nyamuk

lumatan dari tanaman cocor bebek ini juga ampuh untuk mengobati gigitan nyamuk Lumatkan 5-10 helai daun dan peras hingga keluar air. Gunakan air tersebut sebagai obat oles untuk mengatasi gigitan nyamuk.

7 Sebagai Obat Mengeringkan Bisul

Hal pertama yang harus disiapkan untuk membuat obat bisul dari tanaman cocor bebek ini adalah 7-8 helai daun cocor bebek. Lumatkan daun tersebut hingga menjadi satu dan campurkan dengan madu secukupnya  serta air hangat. Minum air tersebut sebagai antiseptik dan tempelkan sisa ampas lumatannya pada daerah yang tunbuh bisul. Lama-kelamaan bisul akan segera pecah dan mengering.