Pentingnya Manfaat Kesehatan Yang Ada Pada Bawang Dayak

Hidup Sehat – Bawang yang meiliki nama lain Eleutherina palmifolia (L.) Merr  atau bawang dayak yang mana juga dikenal dengan nama Bawang Sabrang, Bawang Berlian, Bawang Hantu, Bawang Arab, Bawang Kambe atau Bawang Hutan. Bawang Dayak atau bawang hantu adalah tanaman yang dibudidayakan di Kalimantan oleh suku dayak sejak zaman dulu.sebagai obat herbal khas Kalimantan, nama tanaman ini mengacu pada daerah asalnya yaitu Kalimantan dimana masyarakat Suku Dayak berada.

Dan perlu diketahui bahwa bawang Dayak merupakan obat herbal yang selama ini dipakai oleh suku Dayak untuk pengobatan secara turun-temurun yang mampu untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit.

Inilah beberapa manfaat dari bawang dayak bagi kesehatan yang dipercaya dapat mengobati bebagai penyakit seperti:

1 Mencegah Penyakit Kanker

Didalam bawang dayak terdapatkandungan senyawa naphtokuinones yang mana senyawa ini dipercaya dapat menbantu  untuk mencegah penyakit kanker bersama dengan senyawa lainnya.

2 Bawang Dayak Dapat Mengontrol Tekanan Darah

Menurut penetiana yang telah di lakukan di dalam  bawang dayak terkandung senyawa alisin. Senyawa alisin yang ada pada bawang dayak inilah yang kabarnya sangat membantu untuk menurunkan tekanan darah, dan juga termasuk kekentalan darah.

3 Bawang Dayak Dapat Mengobati Batu Ginjal

Bawang dayak yang memiliki sifat deuretik yang mana dapat berfungsi dalam menurunkan kadar kalsium dan juga menurunkan PH dari air seni. Maka dari dua hal ini dapat membantu untuk mengobati penyakit batu ginjal.

4 Bawang Dayak Mencegah Terjadinya Penyakit Jantung

Pada bawang dayak terkandung senyawa yang bernama Felonik yang mana senyawa ini dipercaya mampu untuk mencegah penyakit jantung yang sagat ditakuti sekarang ini.

5 Menurunkan Kadar gula Darah

Bagi anda yang mengalami penyakit yang berhubungan dengan tingginya kadar gula seperti diabetes anda dapat mengkonsumsi bawang dayak untuk menurunkannya. Karena bawang dayak memiliki kandungan senyawa alkaloid, flavonoid, glikosida dan saponin. Yang mana senyawa tersebut  mampu untuk menurunkan kadar gula dara.

6 Mencegah Peradangan

Bawang dayak ternayata dapat dimanfaatkan sebagai obat dalam mencegah dan juga mengatasi peradangan karena adanya kandungan senyawa flavonoid di bawang dayak yang berfungsi untuk mengurangi peradangan di tubuh.