Tumbuhan Patah Tulang Yang Sangat Bermanfaat Untuk Kesehatan

Hidup Sehat – istilah daun patah tulang mendengar istilah itu pasti yang Anda bayangkan pertama kali sesuatu yang ada kaitannya dengan tulang yang patah.Tumbuhan ini memang dipercaya memiliki khasiat dalam hal mengobati fraktur atau patah tulang dan telah digunakan sebagai obat tradisional sejak dulu. Tapi benarkah khasiatnya sedahsyat itu?

Manfaat Tanaman Patah Tulang Yang Dipercaya Banyak Orang

Tanaman patah tulang yang memiliki nama ilmiah Euphorbia tirucalli (E. tirucalli) ini termasuk dalam jenis tumbuhan perdu yang memiliki ketinggian 4 hingga 12m. Umumnya, daun dari tumbuhan ini memiliki ukuran kecil yaitu dengan panjang maksimal 2,5 cm.

Tumbuhan yang juga dikenal dengan nama pencil kactus ini mampu hidup di area dimana tanaman lain tidak bisa atau sulit untuk tumbuh. Seperti vontohnya di kawasan tropis yang kering dengan curah hujan yang sangat rendah, tanah yang memiliki kandungan garam, serta pada area yang memiliki ketinggian lebih dari 2.000 meter.

Tanaman patah tulang ini dari dulu telah banyak dipergunakan orang sebagai obat tradisional. Dan bagian yang dipergunakan bukanlah daun patah tulang namun yang dipergunakan getah, akar, hingga bagian dahannya.

Untuk penggunaan tanaman patah tulang ini secara tradisional diyakini mampu dalam mengatasi beragam gangguan kesehatan yang meliputi: Impotensi, Sakit gigi, Wasir atau hemoroid, Gigitan ular dan kalajenging, Kutil, Asma, Sakit gigi, Epilepsi, Kolik, Tumor, Kanker, Bisul di hidung, Tulang yang nyeri. Di samping manfaat di atas ternyata di daerah pulau jawa tanaman patah tulang banyak digunakan untuk menyembuhkan patah tulang. Penduduk setempat menggunakannya tanaman patah tulang dengan cara mengaplikasikan dan menggosokkan getahnya ke area tubuh yang mengalami patah tulang.

Seperti yang kita sampaikan di atas khasiat yang bisa didapatkan dari tumbuhan ini adalah getahnya bukan daun patah tulang. Bagi Anda yang baru mengetahui tentang hal ini bisa jadi kabar tersebut menjadi angin segar untuk menyembuhkan patah tulang.Walau begitu sangat penting untuk anda garis bawahi bahwa penemuan-penemuan tersebut hanya bersifat laporan apa yang pernah dilakukan oleh masyarakat setempat. Maka dari itu untuk kepastiannya tentunya masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut dan lebih luas yang bisa memberikan bukti ilmiah terhadap manfaat dari tanaman patah tulang untuk menyembuhkan patah tulang maupun penyakit lain. Namun Anda harus berhati-hati dengan tanaman patah tulang ini. karena jika getahnya mengenai mata bisa mengakibatkan kebutaan sementara yang dapat berlangsung hingga beberapa hari ataupun kebutaan permanen.