Kuda Laut Yang Merupakan Obat Tradisional Dalam Bidang Kesehatan

Hidup Sehat – Kuda laut atau yang disebut juga dengan seahorse ini memiliki ukuran yang sangat bervariasi yaitu antara 16 mm sampai 35 cm. Namun siapa sangka dengan ukuran badan yang kecil tersebut ternyata sangat dikenal sebagai obat trandisional sejak dulu. dalam ilmu pengobatan tradisional Cina kuda laut yang kering akan di tumbuk hingga menjadi serbuk kemudan diseduh dengan air hangat ataupun dimasukkan ke dalam kapsul.

Bahakan tahukah kamu? Bahwa masyarakat negara tetangga kita yaitu Malaysia setidaknya menggunakan 10 spesies kuda laut untuk digunakan sebagai bahan dasar obat-obatan. Hebat sekali bukan hewan kecil yang satu ini maka bagi anda yang Penasaran dengan manfaat lainnya? Yuk disimak.

  1. Membantu Pembentukan Janin

Penelitian yang pernah dilakukan dahulu melaporkan bahwa pada kuda laut memiliki kandungan protein, asam amino, dan asam lemak yang tinggi. Kandungan proteinnya yang tinggi ternyata memiliki banyak sekali manfaat jika dikonsumsi khususnya untuk ibu hamil. Protein dalam tubuh hewan laut ini akan sangat berguna untuk membantu pertumbuhan organ seperti otak, tulang, otot, hingga sistem pernapasan.

Namun yang perlu anda tahu walaupun kandungan proteinnya bermanfaat untuk ibu hamil anda tetap harus mengonsumsinya dalam batasan yang wajar. Kebutuhan akan protein bagi ibu hamil adalah sekitar 75gram per hari. Yang perlu dicatat, kebutuhan protein ini tidak hanya dari kuda laut, bisa dari sumber makanan makanan lainnya yang kita makan setiap harinya.

  1. Untuk Kesehatan Rambut dan Anti-fague

Manfaat dari tingginya kandungan protein dalam hewan laut yang satu ini ternyata tidak hanya untuk perkembangan janin. Karena kebanyakan ibu hamil memiliki masalah yang berhubungan dengan rambut dan otot yang mudah lelah. Oleh karena itu, kuda laut hadir dengan manfaatnya sebagai zat yang dapat memperbaiki sel-sel pada rambut dan juga masa otot, atau lebih dikenal dengan anti-fague (anti lelah).

  1. Memulihkan Tenaga

Ketika kondisi tubuh kita membutuhkan asupan protein dalam jumlah yang besar sedangkan tubuh-pun tidak dapat menghasilkannya sendiri maka dengan mengkonsumsi kuda laut cukup baik buat kamu. Asupan proteinnya akan sangat membuat tubuh untuk memiliki banyak tenaga dalam mendukung berbagai aktivitas harian.

  1. Untuk Mencegah Terjadi Depresi dan Insomnia

Untuk anda penderita insomnia harus mengetahui Penyebab utama dari insomnia yang dikenal sebagai kesulitan untuk tidur ini diantaranya karena stress dan juga depresi. Ketika anda akan tidur biasanyabagi penderita insomia akan muncul bayang-bayang masalah yang dihadapi sehingga tidurpun terganggu. Maka dari itu protein yang terkandung pada kuda laut memang ajaib karena bisa mengatasi Insomnia buat kamu yang merasa harus mengakhiri kebiasaan burukmu.

  1. Menyembuhkan Gangren

Buat kamu yang memiliki riwayat penyakit diabetes mungkin sudah tidak asing dengan istilah gangren. Dan buat kamu yang belum tahu, gangren merupakan kondisi serius yang muncul ketika banyak jaringan tubuh mengalami nekrosis atau mati. Hal ini akan terjadi setelah seseorang mengalami luka, infeksi, atau masalah kesehatan kronis yang mempengaruhi sirkulasi darah maka salah satu solusi nya adalah mengunakan Kuda laut.

  1. Kuda Laut sebagai Alternatif Untuk Pengobatan Kanker Payudara

Doksorubisin merupakan agen untuk kemoterapi yang berspektrum luas. Namun untuk penggunaannya akan dibatasi karena adanya efek toksik terhadap jaringan normal yang mana terutama untuk jantung dan sistem imun. karena pada kuda laut memiliki kandungan steroid, saponin dan glikosida yang berefek sitotoksik. Oleh karena itu hewan ini diyakini mampu menjadi obat alternatif kanker payudara.

Selain dari bentuknya yang unik ternyata berbagai manfaatnya untuk kesehatan manusia memang sangat mengagumkan. Bukan karena manfaatnya yang ada pada kuda laut yang sangat menakjubkan sehingga kita bisa dengan bebas megeksploitasi secara besar-besaran. maka kita sebagai manusia harus selalu menjaganya demi keberlangsungan hidup kuda laut.