Manfaat Daging Kepiting Yang Tidak Banyak Diketahui Orang

Hidup Sehat – Pada menu makanan laut yaitu khususnya untuk kepiting adalah pilihan makanan paling populer. Tidak hanya lezat tetapi juga dikemas dengan lemak esensial, nutrisi dan mineral. Di antara banyak manfaat daging kepiting adalah perannya dalam mendukung kesehatan mata dan meningkatkan kesehatan jantung dan juga sistem kekebalan tubuh.

Para ahli gizi sangat menyarankan orang untuk mengkonsumsi daging kepiting dua atau tiga kali dalam seminggu. Karena dari penelitian yang dilakukan telah mengungkapkan bahwa seseorang dapat makan 45 persen dari tubuh kepiting dan memiliki potensi untuk memperkuat tubuh Anda dari dalam. Dan dengan makan daging kepiting bisa membuat Anda mengurangi untuk rentan terhadap penyakit jantung kronis dan memberikan energi ke tubuh juga.

Berapa Nilai Gizi Daging Kepiting?

Dalam 100 g daging kepiting terdapat kandungan 59 mg kalsium, 0,8 mg zat besi, 1,5 g lemak, 19 g protein, 29 IU vitamin A, 7,6 mg vitamin C dan 9,78 mcg vitamin B12.

Bahkan dalam daging kepiting juga mengandung nutrisi lain seperti tembaga, asam lemak omega 3, fosfor, selenium, vitamin B12,

Berikut ini selengkapnya 10 manfaat kesehatan daging kepiting

  1. Menurunkan Berat Badan

Dalam daging kepiting mengandung kalori yang sangat rendah yaitu hanya mengandung sekitar 1,5 g lemak dalam 100 g Dan sisa kalori berasal dari protein. Ini menjadikannya pilihan makanan laut yang sempurna bagi mereka yang kelebihan berat badan, obesitas atau yang mencoba untuk tetap sehat.

  1. Meningkatkan Penglihatan Anda

Bahkan masih jarang yang mengetahui untuk kepiting merupakan sumber vitamin A yang bagus, yang dikenal untuk meningkatkan penglihatan Anda. Dalam vitamin A tersebut terkandung senyawa organik seperti diantaranya retinol, retina, asam retinoat, dan beta-karoten yang berkontribusi terhadap kesehatan mata dengan memainkan peran utama dalam siklus visual dan mencegah degenerasi makula dan katarak.

  1. Mencegah Kerusakan Sel

kepiting juga mengandung Selenium yang merupakan mineral penting yang banyak ditemukan dalam daging kepiting yang membantu mencegah sel dan jaringan dari kerusakan potensial yang disebabkan oleh radikal bebas. Selenium juga bekerja dengan memainkan peran penting dalam berfungsinya hormon tiroid dengan melindungi kelenjar tiroid terhadap kerusakan oksidatif sehingga membantu dalam produksi hormon tiroid.

  1. Melindungi Jantung

Bahkan daging kepiting merupakan sumber yang baik dari asam lemak omega 3 dan juga selenium dan tembaga yang membantu menurunkan kolesterol jahat Anda. Kolesterol jahat meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke. Namun, pasien jantung memiliki sangat sedikit pilihan makanan karena adanya kolesterol dan kalori dalam makanan.

Daging kepiting bisa menjadi pilihan yang sangat baik bagi mereka karena adanya nutrisi yang luar biasa ini. Daging kepiting juga rendah lemak jenuh. Penelitian juga menunjukkan bahwa daging kepiting juga mengandung sterol yang dapat menghambat penyerapan kolesterol dan meningkatkan ekskresi kolesterol dalam masalah feses.

  1. Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Jika sistem kekebalan tubuh Anda lemah, itu akan membuka jalan bagi patogen untuk menyebabkan penyakit. Jadi untuk memperkuat sistem kekebalan pada tubuh Anda bisa dengan mengonsumsi kepiting. Kehadiran selenium di dalamnya telah dikaitkan dengan merangsang aktivitas sistem kekebalan tubuh sehingga mencegah radikal bebas dari menyerang sistem kekebalan tubuh, dengan demikian menjaga sistem kekebalan tubuh Anda kuat.

  1. Meningkatkan Kesehatan Mental

Daging kepiting juga diperkaya dengan kandungan protein, seng dan asam lemak omega 3 yang memiliki kemampuan untuk meningkatkan kognisi dan konsentrasi. Ini juga membantu memperkuat myelin, substansi lemak kaya lipid yang terbentuk di sistem saraf pusat dan melindungi sistem saraf, sementara juga mengurangi plak dan peradangan pada jalur saraf.