Manfaat Kesehatan Dari Tanaman Semak Yang Bernama Rotan

Hidup Sehat – Tanaman rotan pastinya sebagaian dari anda bagaimana bentuknya namun masih banyak yang tidak mengetahui bahwa tanaman rotan dapat dijadikan bahan makanan. Apalagi tanaman rotan memiliki manfaat untuk kesehatan bagi kesehatan tubuh kita.

Nah ini dia manfaat rotan bagi kesehatan manusiayang mana diantaranya :

1 rotan yang memiliki kandungan tannin didalamnya yang berada pada bagian akar rotan dan peyakit yang bisa diobati diantaranya yaitu Mengatasi batuk dan pilek, Mengobati penyakit diare, Mengobati penyakit malaria, Mengobati pendarahan organ dalam.

2 selain dari manfaat nya untuk kesehatan tanaman rotan ini juga dapat dikonsumsi yang mana dianataranya :

Batang brotan yang masih mudah dapat diolah menjadi makanan dan mempunyai kadar serat yang sangat tinggi sehingga membantu dalam proses pembuangan. Selain batangnya buah dari tanaman rotan juga dapat digunakan sebagai bahan dari bumbu sayur dan sebagai obat-obatan tradisional. Dan tanaman rotan ini biasanya banyak dijadikan maskan. Seperti di Kalimantan Tengah dan Aceh, pucuk rotan ini dikenal dengan nama umbut. Umbut ini dapat diolah ke dalam berbagai masakan. Ada yang ditumis, dibuat sayur atau kuah hingga dicampur dengan bahan lain seperti ikan atau udang. Di daerah Aceh misalnya, masakan dari pucuk rotan ini yang terkenal adalah sayur anyang pucuk rotan. Untuk masakan yang biasa dikenal dengan nama anyang yang hampir mirip dengan nasakan yang bernama urap untuk orang Jawa ini ternyata menjadi salah satu hidangan wajib di saat bulan puasa tiba.