7 Manfaat Kulit Manggis Bagi Kesehatan Yang Wajib Kamu Ketahui

 

Hidup Sehat – Buah manggis merupakan  salah satu buah lokal yang sangat di gemari oleh banyak kalangan masyarakat Indonesia.  Buahnya yang berbentuk bulat dan berwarna kecoklatan atau kehitaman dan memiliki daging buah yang sangat manis tentunya akan membuat anda ketagihan saat menyantapnya.

Biasanya orang hanya memakan isi buah manggis saja dan membuang kulitnya. Padahal kulit buah manggis memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan yang belum anda ketahui. Kulit buah manggis dapat mencegah dan mengatasi berbagai penyakit seperti penyakit jantung, koroner dan penyakit kulit lainnya. Bahkan kulit eskta buah manggis kini di gunakan untuk produk obat-obatan.

Bagi anda yang tidak mengetahui cara menggunakan kulit manggis ini, maka anda bisa mengolahnya sendiri  cara yang sangat mudah dan alami tanpa tercampur  bahan kimia. Caranya anda dapat merebus kulit manggis yang sudah di cuci bersih dan meminumnya.

Nah dari pada anda penasaran, yuk ikuti ulasan yang kami buat tentang manfaat kulit manggis bagi kesehatan.

  1. Menjaga Sistem Kekebalan Dan Imunitas Tubuh

Kulit Manggis sangat bermanfaat untuk menjaga kekebalan tubuh kita. Dengan adanya daya tahan tubuh yang kuat dan imunitas tubuh, maka kita akan terhindar dari  berbagai macam penyakit dan dapat beraktivitas tanpa ada kendala.

  1. Mencegah Peradangan Atau Inflamasi

Kulit manggis juga sangat bermanfaat sebagai salah satu obat dalam mencegah dan mengatasi peradangan. Peradangan bisa terjadi kepada siapa saja di dalam tubuh maupun di luar tubuh dan dapat di cegah dengan menggunakan kulit buah manggis tersebut.

  1. Menurunkan Kadar Gula Darah

Kulit manggis memiliki kemampuan untuk mengontrol kadar gula darah. Karena kulit manggis rendah kalori yang aman di konsumsi bagi orang mengalami gangguan  kadar gula. Bagi anda yang mengalami gangguan penyakit yang berhubungan dengan tinggi kadar gula, maka anda dapat mengkonsumsi olahan kulit manggis untuk menurunkannya.

  1. Mencegah Kerusakan DNA tubuh

Kulit manggis juga sangat bermanfaat untuk mencegah dan memperbaiki kerusakan DNA di dalam tubuh kita. Selain mencegah kerusakan DNA juga dapat mencegah kerusakan sel sel  hingga jaringan tubuh.

  1. Mencegah Dan Membunuh Sel Kanker Dari Dalam Tubuh

Kulit manggis juga dapat mencegah dan menangkal radikal bebas penyebab kanker. Meminum teh kulit manggis dapat membunuh sel kanker. Kandungan antioksidan  yang terkandung dari dalam kulit manggis juga dapat mencegah proliferasi sel kanker. Kandungan ini juga sangat di anjurkan bagi orang yang mengidap kanker dengan di bantu dengan kemotrapi dan radioterapi.

  1. Meningkatkan Kesehatan Tulang Dan Mata

Kulit manggis memiliki kandungan kalsium dan juga memiliki kemampuan untuk meningkatkan kekuatan tulang. Kalsium merupakan Zat terpenting yang dibutuhkan oleh tulang untuk mencegah osteoporosis.

Kulit Manggis juga sangat baik dikonsumsi untuk anak-anak yang mendukung masa pentumbuhan gigi maupun tulang.  Selain untuk tulang dan gigi kulit manggis juga mengandung vitamin A yang sangat bermanfaat untuk  kesehatan mata.

  1. Mencegah Serangan Penyakit jantung

Kulit manggis sangat baik untuk melancarkan peredaran darah dan secara tidak langsung dapat mencegah timbulnya serangan jantung dan penyakit jantung coroner, yang memiliki dampak buruk bagi kesehatan anda.