Kalian Harus Tahu Dampak Jika Kita Kekurangan Air Putih

Hidup Sehat – Mungkin masih banyak diantara kita yang menggemari minum teh manis dingin, Es kopi susu, aneka minuman soda dan minuman-minuman menyegarkan lainnya. Namun terkandang kita tidak pernah menyadari bahwa minuman-minuman tersebut menjauhkan kita dari air putih. Padalah air putih sangat penting agar tubuh bisa berfungi dengan baik. Jika kita jarang meminumnya, maka tubuh pun akan mengalami dehidrasi yang menyebabkan berbagai masalah tubuh. Untuk pembahasannya silakan baca di bawah ini ya.

-Mudah merasa lelah dan pusing

Seseorang yang kurang mandapatkan asupan air putih akan mudah merasa lelah dan pusing. Ini terjadi karena saat tubuh dehidrasi, kadang oksigen dalam tubuh pun ikut berkurang. Akibatnya fungsi syaraf, otot, dan organ lainnya ikut menurun sehingga tubuh mudah merasa lelah. Otak yang juga tidak mendapatkan suplai oksigen yang cukup akan membuat kepala terasa pusing.

-Kulit menjadi kusam dan kering

Tubuh dalam keadaan dehidrasi akan memengaruhi kondisi kulit. Ini karena resistensi dan fungsi enzim tidak dapat bekerja dengan baik. Akibatnya, kulit jadi kering, terlihat kusam, dan struktur lapisan kulit pun ikut memburuk.

-Terkena masalah pencernaan

Dalam proses pencernaan, air diperlukan untuk mencerna serta menyerap nutrisi dari makanan. Saat tubuh kekurangan air, maka sambelit pun terjadi. Jika berlangsung lama, hal ini bisa menyebabkan kanker usus.

Terjadi dampak buruk pada ginjal

Tidak hanya masalah pencernaan, ginjal pun bisa ikut terganggu. Saat kekurangan cairan, ginjal perlu bekerja lebih keras dan sisa kotoran jadi menumpuk karena tidak bisa dikeluarkan oleh sistem kemih dengan baik. Selain itu, kekurangan air juga menyebabkan rasa sakit pada pinggang  loh

-Rambut manjadi kusam, kasar, dan mudah rontok

Kondisi kulit kepala yang terhidrasi dengan baik akan menghasilkan rambut yang sehat dan kuat. Ketika tubuh tidak mendapatkan asupan air yang cukup, maka kulit kepala pun akan menjadi kering. Hal ini juga mempengaruhi batang rambut agar menjadi kasar dan kusam.

-Sering mengalami radang otot dan sendi

Air berfungsi untuk meyusun tulang rawan dan juga sebagai pelumat persendian. Maka dari itu jangan heran jika kamu meminum air putih dalah jumlah yang sedikit dan sering merasa pegal. Ini karena terjadi gesekan antar sendi yang akhirnya menimbukan arthritis atau ragang sendi.

-Tekanan darah jadi terganggu

Darah terbuat dari 90% air. Ketika kekurangan komposisi terpenting ini, akan terjadi penyempitan pembuluh darah yang membuat pergerakkan darah jadi terbatas. Akibatnya, jantung harus bekerja keras memompa darah sehingga tekanan darah pun jadi tinggi. Jika dibiarkan, hal ini dapat mengakibatkan penyakit jantung coroner dan stroke