5 cara atasi gejala kecanduan Nikotin setelah berhenti merokok

Hidup sehat – Apabila anda sedang berusaha berhenti merokok, pasti pernah merasakan gejala kecanduan nikotin. Ciri-ciri jika anda mengalami kecanduan nikotin anda sering merasakan kepala terasa pusing, mulut kering, batuk, sembelit, kecemasan hingga depresi.

Efek nikotin yang masuk ke dalam tubuh membuat otak kita menciptakan rasa bahagia, jadi apabila Anda berhenti merokok kita akan kehilangan efek dari nikotin tersebut, yang membuat kita menjadi stress dan akhirnya memutuskan untuk merokok kembali.

Tapi tidak perlu khawatir, berikut tips untuk mengatasi gejala kecanduan nikotin yang bisa Anda lakukan

1. Cari Kesibukan lain.


Ketika Anda merasakan gejala kecanduan nikotin, Anda bisa mengatasinya dengan mengalihkan perhatian Anda melalui aktivitas lainnya, seperti bermain game, menonton film, mendengarkan musik, atau pun hal lainnya yang bisa membuat Anda merasa senang.

2. Olahraga rutin


Cobalah untuk rutin berolahraga agar bisa mengendalikan mood yang jelek ketika Anda berusaha berhenti merokok, apabila Anda setiap harinya berolahraga selama 30 menit, sudah cukup untuk mengalahkan rasa lelah dan stress setelah berhenti merokok. Olahraga dapat meningkatkan hormon endorfin, yang membuat Anda merasa tenang. Jika Anda kesulitan untuk tidur nyenyak, olahraga rutin adalah cara yang tepat untuk mengatasinya.

3. Istirahat yang cukup


Anda mungkin sering merasa cepat lelah dan tidak bertenaga setelah berhenti merokok. Hal ini disebabkan karena tubuh Anda bekerja lebih keras untuk menghilangkan efek kecanduan nikotin. Pastikan Anda mendapatkan istirahat yang cukup setiap hari, usahakan tidur minimal 7-8 jamnya agar tubuh bugar kembali.

4. Kendalikan stres


Banyak cara untuk mengendalikan stress agar Anda tidak tergoda untuk kembali merokok. Misalnya dengan olahraga, berkebun, menonton film, atau meditasi. Anda sendiri yang mampu menentukan cara terbaik untuk meredam stress tanpa perlu kembali merokok.

5. Hadiahkan diri sendiri


Ketika Anda sudah berhasil lepas dari kecanduan nikotin, janganlah lupa untuk memberi hadiah kepada diri sendiri. Manjakan diri sendiri berikan suatu hal yang istimewa dan berharga untuk diri Anda. Anda akan semakin termotivasi untuk berhenti merokok, Perlahan-lahan, gejala kecanduan nikotin akan berkurang sampai berhenti total.