Ini Dia Alasan Kenapa Serangan Jantung Kebanyakan Terjadi di Pagi Hari

Hidup.Sehat – Dari kebanyakan catatan kesehatan mengenai penyakit jantung, Penyakit jantung paling sering terjadi di pagi hari. Seperti halnya yang terjadi pada kekasih Bungan Citra Lestari (BCL), Ashraf Sinclair. Ashraf meninggal dunia di Rumah Sakit MMC Kuningan pada pukul 04.51 WIB akibat serangan jantung.

Sudah banyak orang yang meninggal karena seragan jantung di pagi hari dan seperti yang kita ketahui bahwa yang baru mengalami beberapa waktu lalu ialah Ashraf. Dari riset yang telah di teliti oleh sejumlah peneliti, resiko terkena serangan jantung di pagi hari memiliki tingkat 40 persen lebih tinggi, resiko kematian karena jantung juga meningkat 29 persen, dan resiko terkena stroke menjadi 49 persen. Sony Hilal selaku Dokter spesialis jantung dan pembuluh darah pun ikut menjelaskan bahwa terdapat dua kemungkinan penyakit yang dapat menyebabkan serangan jantung di pagi hari. Yakni, aritmia fibrilasi ventrikel dan sindrom coroner akut atau penyumbatan pembuluh darah koroner.

Sony menuturkan bahwa penyakit yang menyebabkan serangan jantung ini muncul di pagi hari karena sejumlah orang memiliki kecendrungan mengalami tekanan darah yang cukup tinggi. Tekanan darah yang naik signifikan akan meningkatkan resiko terjadinya ruptur atau pecahnya plak aterosklerosis. Plak yang pecah nantinya akan menimbulkan pembekuan darah yang menyumbat pembuluh darag arteri.

Faktor resiko serangan jantung yang paling utama ialah pola hidup yang tidak sehat, tidak berolahraga, kolestron tinggi, tekanan darah tinggi, merokok dan diabetes.