Bahaya Badan Gemuk Bagi Kesehatan, Inilah 5 Cara Mudah Untuk Tetap Sehat

Hidup Sehat – Bahaya kegemukan pada tubuh tentunya sangat memiliki resiko terserang berbagai penyakit. Salah satu contoh memiliki banyak lemak yang berlebihan yang di daerah pinggang akan menambah resiko gangguan kesehatan yang sangat fatal dan dikaitka dengan resiko berkembangnya  beberapa jenis penyakit seperti kanker dan penyakit jantung.

 

Oleh karena itu jangan menyepelekan kegemukan yang selalu mengintai kesehatan. Memiliki berat badan ideal sangat baik bagi kesehatan. Maka dari itu sangat penting untuk menjaga berat badan agar tetap ideal dan tidak gemuk khususnya bagi keluarga yang memiliki riwayat penyakit seperti darah tinggi, diabetes, sakita jantung dan kadar kolestrol tinggi. Jika ada anggota memiliki riwayat penyakit tersebut sangat di anjurkan untuk menurunkan berat badan agar tetap ideal agar dapat mengurangi penyakit yang serupa.

Berikut tips untuk menjaga berat badan agar tetap ideal dan tidak gemuk.     

  1. Menjaga Pola Makan

Menjaga pola makan ialah hal yang paling penting untuk mejaga berat badan agar tetap ideal. Jadi bagi anda yang gemuk aturlah jadwal makan sesuai dengan kesehatan pada umunnya, dan jangan makan secara berlebihan karena hal itu akan membuat badan anda akan menjadi bertambah gemuk.

  1. Memperhatikan Jenis Makanan Yang Di Konsumsi

Selain anda menjaga pola makanan anda juga harus memperhatikan jenis makanan sehat yang anda makan. Sebaiknya anda memakan makanan yang bergizi seperti Buah-buahan, Sayuran hijau dan berbagai jenis makanan kacang-kacangan, dan sebaiknya anda menghindari makanan yang mengandung soda, dan Junk Food.

  1. Memperbanyak Minum Air Putih

Tahukah Tubuh kita terdiri dari 50% kadar air, maka adanya air di dalam tubuh, bisa menjaga suhu tubuh tetap normal dan sangat baik untuk menjaga kesehatan.  Salah satunya untuk mempersehat jantung.  Dengan memperbanyak meminum air putih maka akan membuang racun dari makanan yang kita konsumsi setiap harinya akan larut dan tersaring oleh air yang kita minum.

  1. Berolahraga Ringan

Orang yang berbadan gemuk tentunya akan merasa males untuk melakukan kegiatan olahraga. Namun anda harus bisa memaksakan diri agar tubuh anda dapat bergerak/berolahraga dan tentunya akan membuat badan anda lebih fresh dan segar. Maka dari itu olahraga sangat di butuhkan oleh tubuh agar tidak gemuk dan tetap sehat.

  1. Jangan Langsung Tidur Selesai Makan

Memang tidur setelah makan kenyang ialah hal yang sangat menyenangkan, namun pernahkah anda memikirkan dampaknya untuk kesehatan. Maka dari itu usahakan agar anda bisa menahan diri untuk tidur setelah makan. Minimal waktu yang di butuhkan untuk mencerna makanan yang kita konsumsi ialah 60-70 menit. Maka dari itu setelah makan langsung tidur sangat tidak di anjurkan dan dapat mendatangkan berbagai penyakit dan membuat anda  menjadi gemuk.