Apakah Anda Sering Bergadang? Inilah 5 Penyakit Berbahaya Karena Kurang Tidur

Hidup Sehat – Tidur ialah suatu kegiatan untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiran, sehingga kita akan merasa segar dan berenergi kembali saat bangun tidur serta akan siap menjalani aktifitas sehari-hari dengan tubuh yang fit. Selain itu tidur juga sangat membantu proses tumbuh kembang pada anak dan remaja karena pada saat tidur hormon pertumbuhan akan dikeluarkan.

 

Kebutuhan waktu tidur pada setiap orang berbeda-beda, namun pada umumnya untuk tidur dibutuhkan waktu selama 7 hingga 9 jam setiap hari agar fungsi tubuh bisa berajalan secara optimal.

Bagaimana jika tidur anda tidak mencukupi? Tentunya akan menyebabkan rasa kantuk dan membuat fungsi tubuh tidak bekerja secara optimal dan juga dapat membuat daya tubuh anda semakin berkurang. Dengan daya tubuh yang lemah akan membuat  berbagai penyakit menghampiri kita. Apa saja penyakit yang bisa di timbulkan saat anda kurang tidur?

  1. Diabetes Melitus Tipe 2

 

Kurang tidur tentunya akan menyebabkan resiko penyakit diabetes mellitus tipe 2. Penelitian menunjukkan bahwa seseorang yang kurang tidur akan meningkatkan resiko penyakit Diabetes karena dapat mempengaruhi kerja glukosa dalam tubuh.

Para ahli juga melakukan penelitian dengan pengurangan waktu tidur pada orang sehat dari 8 jam menjadi 4 jam per/malam dan menunjukkan bahwa tubuh mereka mengolah glukosa lebih lama daripada jika mereka tidur selama 12 jam.

  1. Dapat Menyebabkan Serangan jantung

Menurut penelitian bahwa mereka yang tidur secara teratur dan memilki kualitas tidur yang baik akan memiliki resiko yang lebih rendah terkena serangan jantung. Setidaknya mereka yang tidurnya kurang dari 6 jam akan memiliki 27 persen resiko terkena atherosclerosis atau pengerasan pembuluh darah. Tentunya hal itu akan menyebabkan terjadinya gangguan gagal jantung, stroke dan aneurisma.

  1. Peradangan Yang Lebih Parah

Bagi mereka yang memiliki riwayat penyakit asma, radang sendi atau penyakit yang berhubungan dengan jantung maka bergadang akan menyebabkan penyakit anda akan lebih parah. Karena dengan tidur teratur, secara alami akan memperbaiki sel-sel dalam tubuh dan mengaktifkan fungis-fungsinya.

  1. Memiliki Resiko Terkena Kanker

Ternyata kurang tidur dapat menyebabkan resiko kanker payudara. Riset baru dari Michigan State University menemukan meltonin, hormon yang di produksi otak untuk tidur terbukti dapat menekan pertumbuhan tumor. Hal itu di karenakan cahaya dimalam hari ternyata menekan produksi melatonin yang dapat melindungi diri dari kanker.

  1. Menurunkan Performa seks

Menurut riset pria dan wanita yang kurang tidur akan mengalami penurunan hasrat untuk melakukan hubungan seksual dan memiliki tingkat kepuasan seksual yang lebih rendah.  Hasrat untuk melakukan hubungan akan berkurang karena kelelahan rasa kantuk dan mengalami stress karena kurang tidur. Pria yang kurang tidur tentunya akan mengalami lemah syawat.