Waspadalah! 4 Jenis Penyakit Ini Berpotensi Saat Banjir Datang

Hidup Sehat – Banjir yang terjadi baru-baru ini terjadi diakibatkan oleh derasnya banjir yang mengguyur kota Jakarta dan disekitarnya sejak senin (24/02/2020). Kondisi ini pun sangat berpotensi menimbulkan sejumlah penyakit.

Dampaknya pun sangat memprihatinkan, bukan hanya merusak sejumlah fasilitas umum, banjir juga di khawatirkan akan berdampak pada kesehatan. Oleh maka itu Anda harus sangat mewaspadai sejumlah penyakit karena pada saat banjir ini merupakan saat terbaik bagi virus dan kuman untuk berkembang biak. Dan berikut jenis penyakit yang berpotensi muncul di saat banjir :

-Demam berdarah dengue (DBD)

Biasanya ketika banjir usai pasti banyak genangan air di pinggir jalan ataupun di tengah jalan. Dan genangan seperti ini sangat disukai oleh nyamuk Aedes aegypti penyebab DBD berkembang biak dan menularkan penyakit.

-Diare

Sudah pasti jika banjir datang akan sulit untuk melihat lingkungan bersih, dan air kala banjir pun pasti membawa bibit penyakit, terutama untuk lokasi terdampak banjir yang akan sangat sulit untuk menerapkan hidup bersih, terlebih ini tergolong situasi darurat. Namun, setidaknya Anda harus memperhatikan kebersihan makanan dan tangan saat makan. Makanan, tangan dan alat perlengkapan makan yang kotor sudah pasti terkontaminasi kuman dan bakteri yang dapat menimbulkan diare.

-Selesma dan flu

Cuaca yang ektrem dan tidak menentu ini tentunya membuat kondisi badan naik turun. Dan saat daya tahan tubuh menurun, tubuh sangat rentan terinfeksi virus atau bakteri sehingga mudah sakit seperti salesma dan flu. Dan yang biasanya terjadi seperti tubuh menjadi tidak nyaman, demam, batuk, kadang disertai pilek, dan sakit kelapa. Sangat disarankan untuk Anda menyiapkan perobatan standart untuk mengatasi dan pastikan cairan tubuh Anda terpenuhi agar tetap terhidrasi.

-Penyakit kulit

Tak jarang bila banjir menimbulkan masalah pada kulit. Orang-orang yang berlokasi di area banjir musti bersiap dengan kurap, kutu air, dermatitis alergi, folikulitis, juga gigitan serangga. Penyakit-penyakit seperti ini timbul dikarenakan area kulit yang terus terpapar air yang terkontaminasi kuman.