6 Manfaat Makan Kepiting Raja Alaska

Hidup Sehat – Kepiting Raja Alaska merupakan salah satu seefood yang banyak disukai orang dengan rasa yang gurih, manis, seger dan tentunya enak. Daging kepiting banyak mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan kita. Kandungan Nutrisi yang di miliki daging kepiting adalah asam lemak omega, protein, sodium, vitamin C, asam folat, vitamin B12, magnesium, fosfor, zink, copper, selenium, lemak baik.

Berikut manfaat dari makan daging kepiting:

1. Mengandung Asam Lemak Omega 3

Kepiting merupakan sumber asam lemak omega 3 yang tinggi . Manfaat dari asam lemak omega 3 ini adalah meningkatkan kesehatan mata, perkembangan otak, dan dapat mengurangi kolestrol jahat.

Kandungan ini juga dapat membantu mengatasi gejala kegelisahan, depresi dan mengurangi risiko sindrom metabolik, peradangan, dan penyakit autoimun. Omega-3 juga dipercaya dapat mengurangi risiko beberapa jenis kanker seperti usus besar, prostat dan payudara.

2. Meningkatkan Aktivitas Mental

Vitamin B12,copper, dan asam lemak-3 yang terdapat dalam daging kepiting berperan untuk meningkatkan fungsi kognitif, perkembangan otan dan kemampuan sistem saraf. Kombinasi kandungn tersebut juga dipercaya dapat mengurangi risiko peradangan dan plak pada otak.

Selain kandungan di atas, kandungan selenium yang terdapat di dalam daging kepiting juga bermanfaat untuk meningkatkan beragam fungsi otak seperti fungsi motorik koordinasi, memori, dan kognisi. Kandungan ini juga dipercaya dapat mengurangi risiko terkait penyakit pada otak seperti penyakit Alzheimer dan penyakit Parkinson.

3. Mendukung Kesehatan Tulang dan Gigi

Kandungan fosfor yang terdapat di dalam daging kepiting juga bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan tulang dan gigi. Selain fosfor, kandungan magnesium, copper, zat besi, zinc, vitamin C dan B yang secara bersamaan dapat meningkatkan massa dan kekuatan tulang.

4. Mengatasi Peradangan

Peradangan adalah bagian dari respon tubuh terhadap sistem kekebalan tubuh saat mengalami infeksi, serangan penyakit, atau cedera lainnya. Asam Omega dan nutrisi Esensial lainnya dapat mengatasi peradangan sendi, saluran pencernaan dan asam urat.

5. Meningkatkan kekebalan Tubuh

Kandungan selenium dan riboflavin berperan untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Kekebalan tubuh adalah sistem yang paling penting untuk menjaga Anda dari serangan infeksi dan penyakit. Antioksidan yang terdapat di dalam daging kepiting juga dapat menangkal radikal bebas, yang dimana dapat menurunkan risiko penyakit kronis seperti kanker.

6. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Copper yang terdapat dalam daging kepiting dapat membantu penyerapan zat besi di dalam perut, yang berfungsi membantu produksi sel darah merah untuk kelancaran sirkulasi darah beroksigen. Manfaat copper lainnya adalah membantu proses penyembuhan dan pertumbuhan sel-sel yang terganggu oleh penyakit atau cedera.

7. Mendukung kesehatan Otak Ibu dan Janin

Berdasarkan Food dan Drug Administration (FDA) dan Environmental Protection Agency (EPA), dimana kandungan omega-3 dalam daging kepiting dapat meningkatkan kesehatan mata, kecerdasan, keterampilan komunikasi dan sosial, serta mengurangi risiko keterlambatan perkembangan dan ADHD.

Efek Samping Konsumsi Kepiting

Daging kepiting yang memiliki banyak manfaat, juga memiliki efek samping jika dikonsumsi mentah dan setengah matang, terutama saat keadaan menyusui dan hamil. Hal itu dikarenakan daging yang tidak matang sempurna dapat meningkatkan risiko keracunan makanan.

Selain itu juga dianjurkan untuk membatasi makan-makanan seefood hanya 2 porsi dalam seminggu. Karena merkuri yang terkandung dalam makanan seefood dapat meningkatkan risiko keracunan makanan.