Ini Dia 4 Efek Kafein Pada Kulit dan Tubuh Yang Harus Kalian Tahu!

Hidup Sehat – Bukan hanya kopi, ternyata teh dan cokelat juga memiliki kandungan kafein. Maka sangat disarankan bagi Anda untuk tidak mengkonsumsi kopi, teh dan cokelat terlalu berlebihan. Sebab, ketiga minuman tersebut dapat membuat tubuh menjadi kelebihan kafein. Kafein yang berlebihan akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan. Efek dari kafein yang berlebihan ini dapat langsung bisa Anda lihat pada kulit dan tubuh.

Kafein merupakan senyawa alkaloid yang kebanyakan terkandung di dalam biji kopi dan daun teh. Sedangkan di dalam tubuh, kafein bersifat sebagai stimulan yang memanipulasi kadar dopamin di otak sehingga dapat menimbulkan perasaan senang terhadap peminumnya. Rasa senang tersebut membuat bagian otak mengirimkan sinyal untuk terus melakukan hal yang sama. Inilah yang menyebabkan banyak orang kecanduan kafein dan meminum banyak gelas kopi setiap harinya.

Berikut adalah 4 efek kafein pada kesehatan kulit dan tubuh yang harus kalian tahu.

-Mengganggu tidur

Mungkin banyak dari Anda yang telah mengetahui efek dari kafein yang satu ini. Kafein dapat meningkatkan kewaspadaan otak, yang membuat tubuh tetap terjaga walaupun sudah memasuki jam tidur. Studi menjelaskan bahwa efek kafein dapat dirasakan langsung setelah 15-45 menit. Dan efek ini mampu bertahan sampai dengan enam jam.

-Menimbulkan kegelisahan

Kafein ternyata juga mampu menimbulkan kegelisahan dan kegugupan. Hasil penelitian para ahli, kafein yang berlebihan dapat menstimulus otak sehingga dapat menimbulkan rasa cemas, gelisah bahkan ketakutan.

-Menyebabkan sakit kepala

Gejala selanjutnya yang disebabkan oleh kafein yang berlebihan adalah sakit kepala. Sakit kepala muncul karena kafein merangsang otak untuk bekerja berlebihan. Selain itu, kafein yang tinggi juga mengandung asam yang dapat mengganggu pencernaan. Gangguan pencernaan juga mengirimkan sinyal ke otak yang dapat menimbulkan sakit kepala.

-Membuat kulit kering

Kafein juga bersifat diuretic yang menyebabkan tubuh lebih banyak mengeluarkan cairan. Hal ini akan membuat kulit menjadi kering, kusam, dan berkerut.