5 Manfaat Terong Bagi Tubuh

Hidup Sehat – Terong adalah salah satu makanan yang sering kita temui dan mudah untuk mendapatkannya. Selain harganya yang murah makanan ini memiliki berbagai macam manfaat dan kegunaan bagi kesehatan. Kandungan dalam terong itu sendiri terdiri dari protein, karbohidrat, serat, asam folat, kalium, vitamin C, vitamin K, zat besi dan magnesium. Kita bisa mendapatkan manfaat terong secara maksimal apabila melakukan pengolahan yang tepat.

Berikut adalah manfaat-manfaat yang bisa kita dapatkan dalam sebuah terong :

Menangkal Radikal Bebas


Terong memiliki manfaat untuk melawan radikal-radikal bebas. Hal ini disebabkan terong kaya akan antioksidan yang bisa membantu melindungi sel-sel di dalam tubuh dari kerusakan radikal bebas. Sebuah hasil studi menemukan dengan kandungan antioksidan yang dimiliki oleh terong bisa membantu mencegah penyakit kronis seperti penyakit jantung dan kanker.

Menurunkan Kadar Kolesterol Dalam Darah


Manfaat berikutnya yang bisa kita dapatkan dari buah terong adalah untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Peneliti membuktikan hal tersebut bahwa apabila seseorang rutin mengkonsumsi buah terong maka kadar kolesterol dalam darah akan menurun. Hal ini juga berkaitan dengan manfaat antioksidan yang terkandung dalam buah terong yaitu mengurangi resiko penyakit jantung.

Mencegah Kanker Kulit


Selain itu, buah terong juga bermanfaat untuk mencegah kanker. Hal ini juga bisa didapatkan dengan cara mengkonsumsi terong secara rutin. Terong memiliki kandungan beberapa zat yang bisa melawan sel kanker, salah satunya solasodine rhamnosyl glycosides (SRGs). Peneliti menemukan bahwa zat tersebut terbukti efektif untuk melawan kanker kulit.

Mencegah Diabetes


Manfaat terong juga bagus untuk mencegah diabetes. Terong mengandung banyak serat yang bisa membantu menurunkan kadar gula darah. Selain itu terong juga bisa mengurangi penyerapan gula dan meningkatkan sekresi insulin.

Menurunkan Berat Badan


Manfaat terong selanjutnya dapat dimanfaatkan sebagai makanan diet. Terong termasuk makanan rendah kalori dan kaya akan serat dengan begitu apabila mengkonsumsi terong dapat membuat perut lebih lama terasa kenyang, sehingga dapat mengurangi asupan kalori yang kita konsumsi.