Manfaat Pasak Bumi Untuk Kesehatan Pria

Hidup Sehat – Pasak bumi adalah obat herbal dari akar tumbuhan yang memiliki nama latin eurycoma longifolia. Tumbuhan ini sering ditemukan dan digunakan di daerah Asia Tenggara yang berfungsi untuk meningkatkan gairah seksual pria. TIdak hanya itu saja, obat herbal yang satu ini telah lama digunakan untuk pengobatan yang lainnya. Apa saja manfaat lainnya?

Kandungan Pasak Bumi

Pasak bumi memiliki kandungan senyawa yang penting, berikut senyawa yang terkandung dalam pasak bumi:

Eurycomalactone
Eurycomaoside
Eurycolactone
Eurycomanone
Quassinoids mengandung efek antikanker, antiulcer, dan antiparasit
Alkaloid, mengandung sifat antibakteri dan antikanker.

Senyawa di atas bertindak sebagai antioksidan. Antioksidan merupakan senyawa yang melawan kerusakan sel yang terjadi akibat radikal bebas.

Manfaat Pasak Bumi Untuk Kesehatan:

1. Mengatasi Disfungsi Ereksi dan Libido

Pasak bumi merupakan obat herbal yang sudah digunakan sejak dahulu yang berkhasiat untuk mengatasi disfungsi ereksi. Hal ini telah dibuktikan oleh sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Element-Based Complementary dan Alternative Medicine, para penelitian menemukan bahwa orang yang mengkonsumsi pasak bumi selama 12 minggu dapat membantu mengatasi disfungsi ereksi.

2. Meningkatkan Libido

Penelitian yang diterbitkan Element-Based Complementary dan Alternative Medicine juga menyebutkan bahwa mangaat pasak bumi dapat meningkatkan libido. Penelitian ini telah melibatkan 109 orang pria berusia 30 – 50 tahun, hasinya menunjukkan bahwa pasak bumi ini dapat membantu meningkatkan fungsi ereksi, meningkatkan gairah seksual, motilitas sperma dan jumlah sperma.

 

3. Mengatasi Infertilitas

Pasak bumi memberi keberhasilan dalam mengatasi infertilitas. Hal ini dibuktikan melalui penelitian yang diterbitkan di Asian Journal of Andrology pada tahun 2010, bahwa mengkonsumsi suplemen pasak bumi sebanyak 200mg setiap hari selama tiga sampai sembilan bulan menghasilkan jumlah sperma yang lebih tinggi, konsentrasi sperma, jumlah morfologi sperma normal, motilitas sperma dan menghasilkan kehamilan pada 11 mitra responden setelah melalui perawatan.

4. Menurunkan Stress

Apakah Anda sering mengalami gejala stres karena pekerjaan atau masalah lainnya? Mungkin anda bisa mengkonsumsi obat herbal ini. Karena manfaat akar pasak bumi dapat menurunkan hormon stres dalam tubuh, mengurangi kecemasan dan meningkatkan suasana hati.

Penelitian pertama di tahun 1999 telah mengidentifikasi kemungkinan manfaat obat herbal ini dalam mengatasi masalah suasana hati. Dari penelitian yang dihasilkan bahwa ekstrak pasak bumi sebanding dengan obat antikecemasan lainnya.

Penelitian ini telah dilakukan kepada 63 orang dewasa yang mengalami stres. Mereka yang mengkonsumsi suplemen ekstrak pasak bumi sebanyak 200mg setiap hari selama satu bulan telah mengurangi kadar hormon stres kortisol. Mereka juga mengatakan bahwa secara signifikan lebih sedikit mengalami stres, rasa marah dan ketegangan setelah mengkonsumsi pasak bumi secara rutin. Meskipun dapat mengatasi stres, khasiatnya masih perlu untuk dilakukan penelitian lebih lanjut.

5. Meningkatkan Energi dalam Tubuh

Senyawa quassinoid yang terkandung dalam pasak bumi dapat meningkatkan energi dalam tubuh, termasuk eurycolactone dan uerycomanone yang dapat membantu tubuh menggunakan energi lebih efesien, mengurangi kelelahan dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Dengan kata lain pasak bumi dapat bertindak sebagai bantuan ergogenik. Zat ini yang dapat meningkatkan kinerja fisik dan meningkatkan komposisi tubuh, termasuk jaringan lemak tubuh total, jaringan tanpa lemak, mineral tulang dan cairan tubuh.

Hal ini lah yang membuat alasan kenapa pasak bumi disebut sebagai obat kuat alami yang membuat pria dewasa kuat dan perkasa di ranjang.

6. Membantu Pembentukan Otot

Dengan mengkomsumsi 400mg ekstrak pasak bumi perhari selama 5 minggu dapat membantu para atlet untuk meningkatkan masa otot tubuhnya dengan signifikan.

Penelitian sudah dilakukan kepada 25 orang dewasa yang aktif secara fisik. Mereka mengkonsumsi suplemen ekstra pasak bumi sebanyak 400mg selama 5 minggu secara signifikan telah meningkatkan kekuatan dan massa otot mereka.

7. Meningkatkan Metabolisme

Penuaan yang terjadi dikarenakan menurunnya toleransi karbohidrat, ketidakpekaan insulin dan obesitas.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Ethnopharmacology menunjukkan bahwa mengkonsumsi estrak pasak bumi secara runtin membantu meningkatkan sensivitas insulin, peningkatan penyerapan glukosa oleh sel dan mengurangi akumulasi lipid dalam jaringan adiposa.

Penelitian lain juga menyebutkan bahwa manfaat dari mengkonsumsi esktrak pasak bumi dapat membantu meningkatkan kepadatan tulang, melindungi lapisan pencernaan, memperbaiki masalah sistem kekebalan dan menyerang berbagai jenis mikroba yang mengancam keseimbangan mikrobioma usus.

8. Meningkatkan Hormon Testosterom

Gejala hipogonadisme onset lambat dapat diatasi dengan mengkonsumsi pasak bumi. Hipogonadisme adalah kondisi dimana hormon testosteron yang berada dalam tubuh pria sedikit.

Penelitian yang diterbitkan oleh Andrologia, sebanyak 76 orang yang mengalama hipogonadisme onset lambat mengkonsumsi 200mg ekstrak pasak bumi selama satu bulan, dapat mengurangi gejala penuaan dan meningkatkan hormon testosteron pada pria.

9. Antikanker

Pasak bumi juga sudah diteliti sebagai obat penangkal kanker, dikarenakan beberapa senyawa yang terkandung dalam pasak bumi telah terbukti memberikan efek antikanker. Penelitian yang dilakukan di tahun 2005 oleh Tee TT dan Azimahtol HL dalam jurnal, Anticancer Research, ekstrak pasak bumi memberikan efek antiproliferasi terhadap sel kanker payudara.

Pada penelitian di tahun 2003 yang dilakukan oleh Universitas Nasional Cheng kung dan diterbitkan dalam The Journal of Natural Products, obat herbal dari akar ini dapat membunuh sel kanker dan paru-paru dan menunjukkan efek antimalaria.

10. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Kandungan yang terdapat pada pasak bumi sangat efektif dalam menghilangkan sakit kepala dan mengurangi tekanan darah tinggi.

Dari berbagai penelitian juga menyebutkan bahwa pasak bumi juga dapat dijadikan obat penurun tekanan darah tinggi. Dimana penelitian masih dilakukan pada percobaan terhadap tikus jantan yang di beri 15mg pasak bumi selama 12 minggu. Hasilnya, tikus dengan diet tinggi lemak mengalami penurunan tekanan darah sistolik dan diastolik secara signifikan.

Dosis Pasak Bumi

Dosis yang disarankan sebagian besar berdasarkan pada praktik historis atua rekomendasi dari produsen, dikarenakan penelitian secara klinis masih kurang.

Secara umum, dosis yang disarankan mulai dari 100 sampai 800 miligram setiap hari.
Untuk infertilitas pria: 200 miligram setiap hari selama 3-9 bulan.
Untuk hasrat seksual: 300 miligram setiap hari selama 3 bulan.

Efek Samping Pasak Bumi

Beberapa penelitian tentang penggunaan pasak bumi pada manusia belum dilapurkan menimbulkan efek samping apapun.

Sementara penelitian lain menunjukkan bahwa menggunakan pasak bumi sampai 1,2 gram per hari aman untuk orang dewasa, tetapi hal ini masih belum dalam penelitian pada manusia.