Ternyata Sarapan Porsi Besar Lebih Bagus Untuk Kesehatan

Hidup Sehat – Sudah menjadi hal yang lumrah kalau perut perlu diisi di pagi hari. Dan sarapan merupakan salah satu faktor penting untuk memulai aktifitas sehari-hari. Karena apa yang kita makan akan mempengaruhi suasana hati, fungsi kognitif, dan tingkat energi dalam sehari penuh.

Dari sebuah penelitian terbaru yang ditemukan oleh para peneliti dari Endocrine Society menemukan bahwa sarapan dalam porsi besar dapat membakar dua kali lebih banyak kalori dibandingkan dengan orang yang makan malam dengan porsi besar. Karena sarapan porsi besar dikatakan mampu menekan rasa lapar.

Dari hasil penelitian yang didapat juga menemukan fakta bahwa sarapan porsi besar dapat mengontrol kadar gula darah dan insulin sepanjang hari. Hasil yang berbeda justru ditemukan saat makan malam dengan porsi yang besar. Makan malam dalam porsi besar juga berdampak negatif pada toleransi glukosa. Hal ini harus dipikirkan kembali bagi para penderita diabetes.

Berdasarkan dari data yang telah di uji coba dari 16 pria, peneliti menemukan kemampuan metabolism tubuh 2,5 kali lebih baik saat sarapan dengan porsi besar. Hal ini menandakan bahwa tubuh metabolisme tubuh manusia cenderung lebih aktif setelah sarapan. Selain itu, sarapan dengan menu tinggi kalori juga dapat menekan rasa lapar atau keinginan untuk makan atau minum manis sepanjang hari.