Manfaat Konsumsi Daun Kemangi Bagi Kesehatan

Hidup Sehat – Masyarakat Indonesia mengenal daun kemangi sebagai lalapan. Sebagian masyarakat Indonesia masih belum mengetahui manfaat daun kemangi yang sangat baik bagi kesehatan.

Manfaat daun kemangi

Daun kemangi sangat baik untuk kesehatan kita. Di beberapa negara seperti China, Yunani, Filipina, Tanzania, Mesiko, India dan negara-negara Amerika dan Eropa sebagai obat infeksi, sakit perut, gigitan ular, serangan serangga, deman dan kanker.

Daun kemangi telah digunakan dalam pengobatan tradisional untuk berbagai macam penyakit, baik di Indonesia ataupun di negara-negara lain. Berikut adalah manfaat mengkonsumsi daun kemangi:

1. Memelihara kesehatan jantung

Daun kemangi memiliki banyak senyawa yang sangat baik dalam tubuh. Senyawa tersebut seperti beta-karoten, magnesium dan mineral, yang berfungsi untuk menjaga dan memelihara kesehatan jantung. Selain berolahraga dengan rutin dan mejaga pola makan yang sehat, mengkonsumsi kemangi secara berkala juga dipercaya dapat memperkuat jantung Anda.

2. Meningkatkan selera makan

Daun kemangi memiliki aroma yang khas yang dapat mengundang selera makan. Tidak hanya di gunakan di dalam lalapan, di Indonesia daun kemangi digunakan sebagai aroma dalam makanan seperti pepes, karedok, terancam dan didalam makanan yang lain.

3. Memperkuat masa hidup sperma dan mencegah kemandulan

Selain untuk melezatkan makanan, kandungan senyawa arginine yang terdapat dalam daun kemangi terbukti dapat memperkuat masa hidup sperma dan mencegah kemandulan. Selain itu daun kemangi juga mengandung zat yang mampu merangsang terbentuknya hormon androgen dan estrogen. Daun kemangi dapat digunakan sebagai obat alternatif untuk menjaga kesehatan reproduksi. Bila ada yang memiliki keluhan ejakulasi, kandungan zat Eugenol dan Apigenin fenkhona dalam daun kemangi dapat membantu membuat ereksi lebih mudah.

4. Menurunkan gula darah

Banyak orang masih tidak mau mengkonsumsi daun kemangi dikarenakan aroma yang menyengat. Namun, ternyata daun kemangi juga dapat menurunkan gula darah. Senyawa aktif yang terdapat dalam kemangi mampu membuat gula darah tetap normal.

5. Mengobati masalah vagina, nyeri payudara, batu ginjal & albuminaria

Dalam buku yang berjudul A Dictionary of Practical Material Medical yang ditulis John Henry M mengatakan, bahwa daun kemangi dapat mengatasi diare, gangguan pada vagina, nyeri payudara, hingga mengatasi batu ginjal dan albuminaria.

6. Mengatasi flu, sakit kepala, cacingan, dan sembelit

Penelitian yang dilakukan oleh Center for New Crops and Plant Products dari Purdue University. Kandungan yang terdapat dalam daun kemangi mampu mengatasi keluhan flu, diare, sakit kepala, cacingan, sembelit hingga penyakit ginjal.

7. Mengatasi perut kembung, maag, masuk angin dan masalah usus

Menurut penelitian yang sama, para ahli juga mengatakan bahwa mengkonsumsi daun kemangi dapat mengobati perut kembung, maag, badan lesu, masuk angin, hingga mengatasi kejang. Selain itu, manfaat kemangi lainnya adalah mengatasi masalah pencernaan, infeksi usus, muntah, sakit kepala, demam, hingga radang lambung.

8. Sebagai minyak pijat

Daun kemangi bisa dilakukan penyulingan karena mengandung minyak atsiri golongan tinggi di mana aroma kemangi akan hilang dalam waktu 24 jam setelah dioleskan ke tubuh. Minyak atsiri tersebut bisa membuat tubuh lebih segar dan meringankan rasa sakit sehingga sangat baik digunakan sebagai minyak pijat aroma.

9. Menyehatkan otak

Penurunan kemampuan kognitif telah menjadi masalah besar bagi para lansia saat ini. Beberapa penelitian yang dilakukan bahwa mengkonsumsi daun kemangi dapat membantu dalam mencegah degradasi kognitif. Mineral yang terkandung dalam daun kemangi mampu meningkatkan aktivitas pemancar elektronik di otak, yang berkaitan dengan refleks mental.

Metabolisme glikosilceramida juga terkait dengan refleks otak. Glycosylceramides juga dikenal sebagai Sphingolipids pada dasarnya adalah molekul yang bertindak sebagai perisai pelindung untuk otak. Perisai ini melindungi otak dari stres radikal bebas dan oksidatif.

10. Kendalikan diabetes

Mengkonsumsi daun kemangi dapat menghasilkan pelepasan gula yang lambat dalam darah, hal ini sangat penting bagi penderita diabetes. Minyak esensial yang terdapat dalam daun kemangi juga dapat membantu mengurangi kadar trigliserida dan kolesterol, yang merupakan faktor risiko diabetes.

Itulah manfaat daun kemangi yang bisa Anda dapatkan, maka dari itu jangan ragu untuk mengonsumsi daun kemangi secara rutin agar tubuh tetap segar dan bugar.