Waktu Terbaik Untuk Menjemur Badan di Bawah Sinar Matahari Untuk Kesehatan

Hidup Sehat – Banyak orang berfikir bahwa sinar matahari di jam 6 pagi adalah yang terbaik, namun ternyata waktu terbaik untuk berjemur adalah pada jam 9 pagi ke atas. Pada waktu tersebut, sinar ultraviolet B (UVB) dari matahari terbentuk dengan sempurna, yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

UVB memiliki manfaat yang sangat besar untuk tubuh karena mengandung vitamin D yang dibutuhkan tulang. Vitamin D yang terkandung pada sinar matahari pagi ini melindungi tulang dari pengeroposan dan membuat tulang sehat. Sinar UVB juga membantu merangsang sel-sel kulit untuk memproduksi vitamin D.

Anda pun tidak memerlukan suplemen vitamin D seperti obat-obatan atau vitamin pertumbuhan tulang karena dengan berjemur di bawah sinar matahari Anda sudah mendapatkan asupan vitamin D yang alami dan lebih menyehatkan.

Waktu berjemur yang dianjurkan juga tidak perlu terlalu lama. Jika Anda ingin berjemur di atas jam 9, waktu berjemur cukup 10 sampai 15 menitan saja. Sedangkan jika Anda ingin berjemur di atas jam 10, waktu yang dianjurkan cukup 5 menitan saja, dan jika Anda ingin berjemur di atas jam 11 hanya perlu 3 menit saja.

Mengapa demikian? Karena dari data yang sudah di teliti oleh para ahli, sinar matahari di atas jam 10, kandungan UVB semakin menurun. Bagian tubuh yang di anjurkan untuk terkena paparan sinar matahari UVB meliputi bagian tangan, lengan, wajah, punggung, dan kaki.