Manfaat Buah Kersen Untuk Kesehatan

Hidup Sehat – Buah kersen merupakan buah yang tidak asing lagi di Indonesia. Tanaman yang satu ini sangat mudah tumbuh diberbagai tempat seperti perkarangan, lahan liar, hingga di pinggir jalan. Buah yang tumbuh tidak mengenal musim ini memiliki rasa yang manis. Mari kita membahas beberapa manfaat dari buah kersen.

Sekilas tentang buah kersen

Pohon kersen yang memiliki nama latin Muntingia Calabura, merupakan tanaman yang berasal dari Amerika tropis, namun sudah banyak di temukan hampir diseluruh negara tropis. Buah kersen ini sering disebut dengan buah ceri atau seri di beberapa daerah di Indonesia.

Beberapa nama lainnya dari buah kersen yaitu Jamaica Cherry, Strawberry tree, Panama Cherry, dan Catton Candy berry. Buah kersen memiliki tekstur yang lunak dan isinya berair. Buah ini memiliki rasa yang manis dan didalam lapisan kulit terdapat ratusan biji kecil.

Manfaat Buah Kersen

Buah yang satu ini sering dianggap sebagai tanaman liar yang tidak bernilai. Padahal selain tempat untuk berteduh, bagian daun dan buah dari tanaman ini memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut adalah beberapa manfaat dari tanaman kersen ini:

1. Mengatasi flu dan pilek

Buah kersen dapat membantu mengatasi flu dan pilek. Kondisi dari gejala ini adalah menurunnya imun atau daya tahan tubuh. Konsumsil makanan yang tinggi akan vitamin C dapat membantu meningkatkan atau memulihkan sistem kekebalan tubuh.

Buah kersen memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, sehingga dapat membantu untuk memercepat penyembuhan pilek dan flu. Kandungan vitamin C dalam buah Kersen dapat menyingkirkan patogen yang menyerang tubuh dengan lebih efesien.

2. Mengontrol gula darah

Rasa dari buah kersen ini memang manis, tapi aman untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes, bahkan dipercaya dapat mengontrol kadar gula darah. Dikutip dari Medil Daily, sebuah studi yang diterbitkan oleh Asian Pacific Journal of Tropical Biomedicine di tahun 2011, menemukan bahwa terdapat penurunan kadar gula darah yang signifikan setelah memberikan 500mg ekstrak buah kersen terhadap orang yang mengalami diabetes.

Dari hasil penemuan membuktikan bahwa buah kersen mampu untuk mengontrol gula darah sehingga sangat baik dikonsumsi oleh penderita diabetes. Buah kersen ini juga dapat membantu menstabilkan gula darah atau bahkan menurunkan dosis injeksi insulin.

3. Mengatasi masalah pencernaan

Masih dikutip dari Medical Daily, efek dari buah kersen dipercaya sebanding dengan efek dari obat Omeprazole. Obat Omeprazole sering digunakan untuk mengatasi sakit perut, maag dan GERD.

Penelitian yang dilakukan di tahun 2012 yang diterbitkan oleh Clinical & Experimental Pharmacology mengatakan bahwa pemberian estrak buah kersen sebelum pemberian etanol, dapat mengurangi pembentukan ulkus lambung (tukak lambung).

Buah kersen juga memiliki sifat antiinflamasi yang dipercaya dapat menetralkan asam lambung, mengurangi peradangan serta memberikan lapisan pelindung pada mukosa lambung.

4. Asam urat

Penyakit asam urat merupakan kondisi peradangan yang diakibatkan terlalu banyak kadar asam urat yang menumpuk dan mengkristal pada sendi. Kondisi ini biasanya akan menyebabkan rasa nyeri yang luar biasa dan menimbulkan pembengkakan.

Sifat antiinflamasi dari buah kersen dapat mengurangi endapat asam urat yang ada pada persendian.

5. Mengatasi infeksi bakteri

Infeksi bakteri dapat diatasi dengan mengkonsumsi obat antibiotik. Dikutip dari Life Hack, sekarang semakin banyak bakteri yang bermutasi dan menjadi kuat sehingga tidak dapat dilawan dengan obat antibiotik yang diciptakan oleh ilmu kedokteran.

Antibiotik yang digunakan secara berlebihan dapat memicu mutasi bakteri, sehingga bakter semakin kuat dan resisten. Aktivitas antibakteris yang dimiliki buah kersen dapat menjadi antibiotik alami yang dapat mengatasi bakteri susu, sepsis, difteri, dan infeksi staph.

6. Sumber antioksidan

Tubuh yang mengalami proses oksidasi dan melepaskan radikal bebas, jika dibiarkan akan menyebabkan kerusakan sel dalam tubuh. Maka dari itu, tubuh membutuhkan antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas yang menyerang tubuh.

Buah kersen memiliki antioksidan yang tinggi, sehingga dapat menjadi sumber antioksidan yang baik untuk kesehatan tubuh. Buah kersen memiliki 24 senyawa flavonoid dan fenonil didalamnya, hal ini menandakan bahwa buah ini kaya akan antioksidan.

7. Sumber nutrisi

Buah kersen memiliki banyak sekali kandungan nutrisi. Kandungan nutrisi yang ada didalam buah kersen adalah serat, protein, karbohidrat, fosfor, vitamin B dan zat besi.

Nutrisi yang dihasilkan oleh buah kersen membuat buah ini banyak diperjual belikan dibeberapa negara. Buah kersen yang baik jika langsung dimakan, juga dapat dijadikan selai dan jeli, atau dapat dijadikan bahan suplemen.

8. Menjaga kesehatan jantung

Buah kersen juga memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan jantung, hal ini dikarenakan kandungannya. Buah ini memiliki kemampuan untuk melancarkan aliran darah. Aliran darah yang lancar merupakan salah satu kriteria jantung yang sehat.

Konsumsi buah kersen dapat membantu Anda menjaga kesehatan jantung dan dapat terhindar dari penyakit kardiovaskular.

Itulah berbagai manfaat buah kersen yang sangat baik bagi kesehatan. Keberadaan buah kersen yang sangat banyak di Indonesia dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kesehatan Anda. Konsumsilah buah kersen secara rutin, namun jangan berlebihan untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, konsumsilah 100gr perhari.