Manfaat Jeruk Limau Untuk Kesehatan

Hidup Sehat – Jeruk limau merupakan salah satu sumber antioksidan terbaik yang dapat mencegah kerusakan sel-sel di dalam tubuh. Selain mengandung antioksidan tinggi, jeruk ini juga kaya akan kalsiun, magnesium, dan vitamin A, B, C, dan D yang penting bagi tubuh.

Dari kandungan yang dimiliki, jeruk limau tidak hanya digunakan untuk kesehatan, tapi juga dapat dioleh menjadi minyak dan bahan kosmetik.

Manfaat Jeruk Limau

1. Menjaga kesehatan jantung

Perasan air jeruk limau dapat membantu menjaga kesehatan jantung dikarenakan kandungan magnesium dan kalium yang dimilikinya. Kalium memiliki fungsi untuk menstabilkan tekanan darah, menurunkan kadar kolesterol dalam pembuluh darah, dan dapat memperlancar peredaran darah. Dengan kandungan ini risiko stroke dan serangan jantung serta gangguan jantung lainnya akan menurun.

2. Membantu menurunkan berat badan

Manfaat yang sering digunakan oleh perasaan air jeruk limau adalah untuk menurunkan berat badan. Kandungan asam sitrat yang terdapat didalam jeruk limau dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan membakar lebih banyak kalori. Namun, Manfaat jeruk limau tidak akan terlalu signifikan jika tidak diimbangi dengan olahraga secara rutin setiap hari.

3. Melawan bakteri penyebab infeksi

Kolera adalah diare akibat infeksi bakteri yang bernama Vibrio cholerae. Bakteri kolera ini dapat masuk melalui makanan dan dapat menyebabkan keracunam makanan jika mengkonsumsinya. Jeruk limau juga dapat mengatasi dan melawan salah satu jenis bakteri yang dapat menyebabkan keracunan makanan yaitu bakteri E.coli. Jeruk limau juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi, baik karena virus atau bakteri.

4. Menjaga fungsi saraf dan mencegah kanker

Mineral yang terkandung dalam jeruk limau berperan penting bagi tubuh. Kalium dalam jeruk limau berguna untuk menjaga tekanan darah dan fungsi saraf. Sementara itu, antioksidan yang terdapat dalam jeruk limau dapat memperbaiki sel-sel yang rusak, sehingga mencegah pernyakit kanker.

5. Meredakan rasa sakit pada penderita anemia

Jeruk limau dapat digunakan untuk mengatasi penyakit anemia, khususnya anemia sel sabit. Pada kondisi ini, sumsum tulang belakang justru menghasilkan sel darah merah yang berbentuk sabit dan cacat. Hal ini dapat menyebabkan kelelahan yang kronis, serta rasa sakit terus menerus. Jeruk limau dipercaya dapat menurunkan rasa sakit tersebut.