Manfaat Daun Selada Bagi Kesehatan

Hidup Sehat – Daun selada memiliki sumber vitamin A dan K yang sangat tinggi. Setiap satu piring selada dapat memenuhi 82 persen kebutuhan vitamin A dan 60 persen vitamin K yang dibutuhkan di dalam tubuh. Selain mengandung vitamin A & K, selada juga mengandung nutrisi penting lainnya seperti zat besi, kalium, folat, serat dan vitamin C. Berikut beberapa manfaat dari selada:

1. Menjaga kesehatan jantung

Daun selada kaya akan folat, fungsi folat adalah untuk mengolah asam amino yang bernama homosistein dalam darah. Asam amino homosistein yang terlalu tinggi dapat menyebabkan masalah pada jantung, salah satunya penyumbatan pembuluh darah. Hal ini dapat meningkatkan risiko stroke, penyakit arteri koroner dan emboli paru.

2. Merawat kecantikan kulit

Kekurangan vitamin A dapat membuat warna kulit jadi tidak rata atau belang, sedangkan kekurangan vitamin C dapat membuat kulit cepat keriput, kendur dan kusam. Dengan mengkonsimsi daun selada setiap hari dapat membantu merawat kulit agar tampak lebih sehat, kencang, dan lembut. Kandungan air yang tinggi dalam daun selada dapat menjaga kelembapan kulit Anda secara alami sehingga tidak kering atau bersisik.

3. Meningkatkan kekebalan tubuh

Kandungan vitamin yang dimiliki daun selada berfungsi untuk menjaga sel-sel imun yang dapat melawan virus dan bakteri penyebab penyakit. Kandungan vitamin A berfungsi untuk meredakan infeksi, peradangan, serta kerusakan sel. Dengan mengkonsumsi selada dapat membantu mencegah penyakit umum yang disebabkan oleh virus dan bakteri.

4. Mencegah komplikasi kehamilan

Daun selada merupakan sumber folat yang tinggi. Senyawa folat terbukti dapat menekan risiko kecatatan pada janin. Selain folat, vitamin K juga mampu mencegah perdarahan setelah persalinan. Vitamin K memiliki fungsi untuk menjaga agar darah ibu hamil dan janinnya tidak terlalu encer.

5. Menjaga kesehatan mata

Kekurangan vitamin A dapat meningkatkan risiko glaukoma, katarak, dan menurunnya penglihatan karena proses penuaan. Selada yang tinggi akan vitamin A bisa membantu Anda menjaga agar mata senantiasa sehat dan tajam meskipun usia terus bertambah.

6. Mencegah tulang keropos

Pembentukan dan kepadatan tulang sangat bergantung pada vitamin K serta kalsium. Jadi mengonsumsi sayuran hijau seperti selada yang kaya akan vitamin K dan kalsium bisa mencegah pengeroposan tulang, osteopenia, atau osteoporosis.