Manfaat dan Kegunaan Minyak Biji Jarak

Hidup Sehat – Minyak biji jarak adalah minyak yang dihasilkan dari tanaman jarak (riccnius communis) yang banyak digunakan untuk keperluan medis. Minyak ini biasanya diminum untuk sebagai obat pencahar dan digunakan untuk menginduksi persalinan.

Pada tahun 2002 minyak ini digunakan sebagai salah satu bahan dasar produk kosmetik. Dilangsir dari Healthline, sebuah studi ditahun 2012 menemukan bahwa efek antioksidan dan antibakteri yang besar didalam minyak biji jarak. Komposisi kimia munyak ini telah dikenali oleh para ilmuwan, sekitar 90% minyak ini terbuat dari asam risinoleat yang merupakan asam lemak poten. Berikut manfaat minyak biji jarak untuk kecantikan :

1. Mencegah jerawat

Dikutip dari Live Strong, North Carolina State University telah berhasil membuktikan bahwa ekstrak biji jarak mengandung asam yang dapat memecah minyak di wajah yang menyumbat di kelenjar dan pori-pori. Minyak biji jarak juga mengandung antibakteri yang mampu membunuh bakteri penyebab jerawat.

2. Mencegah keriput

Radikal bebas dapat membuat percepatan proses penuaan dan membuat keriput lebih cepat muncul pada wajah. Minyak biji jarak yang mengandung antioksidan mampu melawan radikal bebas dan mencegah keriput pada wajah.

3. Mengobati bibir kering

Minyak biji jarak dapat digunakan untuk pelembap bibir, hal ini dikarenakan kandungan emolien yang sangat baik pada minyak biji jarak. Hal ini dapat membantu dalam mengobati bibir kering. Oleh karena itu minyak biji jarak banyak digunakan dalam bahan pembuat lipstik dan lip gloss.

4. Melembapkan kulit

Kandungan emolien dan trigliserida dalam biji jarak dapat membantu untuk melembapkan kulit dan mencegah kulit kering atau kulit mengelupas. Minyak ini juga memiliki sifat humektan, yang berfungsi menarik uap air dari udara ke dalam kulit sehingga menjaga kulit tetap terhidrasi. Hal ini membuat kulit lebih bersih, lembut dan sehat.

5. Mengurangi peradangan dan pembengkakan

Minyak biji jarak memiliki sifat antiperadangan yang bermanfaat untuk meringankan rasa sakit dari pengelupasan kulit akibat sengatan sinar matahari. Minyak biji jarak juga dapat membantu mengobati pembengkakan pada jerawat yang meradang dan pembengkakan pada kantung mata.

Cara memakai minyak biji jarak di wajah

Minyak ini sangat pekat dan padat, sehingga perlu dilakukan pencampuran. Minyak kelapa, almond, alpukat, zaitun atau shea butter dapat menjadi bahan yang baik dalam pencampuran minyak biji jarak. Pencampuran minyak ini mempermudah dalam kulit menyerap minyak sepenuhnya. Berikut langkah menggunakan minyak biji jarak pada wajah:

  • Bersihkan wajah Anda terlebih dahulu.
  • Campurkan minyak biji jarak dengan pelembap atau minyak lainnya.
  • Oleskan campuran minyak tersebut pada wajah sekaligus pijatkan kulit wajah Anda.
  • Diamkan satu hingga tiga menit.
  • Kemudian, bersihkan dengan kain yang sebelumnya dicelupkan pada air hangat.
  • Lakukan setiap malam secara rutin.

Efek samping menggunakan minyak jarak untuk kecantikan

Seberapa sensitif dan jenis kulit setiap orang berbeda-beda. Oleh karena itu, langkah terbaik untuk menghindari terjadinya efek samping adalah dengan melakukan uji sensitivitas pada kulit. Oleskan sedikit minyak biji jarak pada area kulit. Pada beberapa orang, reaksi alergi yang muncul adalah ruam kemerahan dan pembengkakan. Jika setelah dioleskan, tidak mengalami reaksi negatif apa pun, maka minyak ini dapat dilakukan pada wajah atau bibir.

Walaupun minyak biji jarak telah disetujui untuk digunakan sebagai bahan dalam produk kosmetik. Namun, hanya sedikit penelitian medis yang menguji manfaat minyak ini pada wajah atau kulit dan belum ada penelitian yang mengevaluasi keamanan minyak ini pada wajah secara khusus.