Manfaat Biji Selasih Untuk Kesehatan

Hidup Sehat – Biji selasih (Ocimum basilicum) merupakan salah satu biji tanaman yang sering digunakan sebagai pemanis pada minuman maupun cemilan. Biji selasih memiliki senyawa dan bahan aktif yang baik untuk kesehatan. Didalam biji selasih mengandung senyawa seperti serat, zat besi, protein, phytochemical, senyawa polifenolik, orientin, vicentin, dan antioksidan kuat lainnya. Berikut ini adalah manfaat dari biji selasih untuk kesehatan:

1. Menjaga kesehatan tulang dan gigi

Setiap konsumsi satu sendok makan biji selasi dapat mencukupi suplai mineral yang sangat bermanfaat dalam tubuh. Mineral yang disuplai ke tubuh adalah zat besi, kalsium, dan magnesium. Ketiga nutrisi mineral ini sangat dibutuhkan oleh tubuh setiap harinya.

Manfaat biji selasih didapat dari zat besi yang bermanfaat untuk sel darah merah yang membantu proses mengedarkan oksigen dan sari makanan ke seluruh tubuh. Selanjutnya kalsium dan magnesium sangat baik untuk kesehatan tulang dan gigi khususnya mereka yang sudah berusia lanjut.

2. Meningkatkan daya tahan tubuh

Tubuh sangat membutuhkan antioksidan dari makanan untuk membantu menguatkan sistem kekebalain tubuh atau imunitas tubuh. Salah satu antioksidan yang dibutuhkan tubuh adalah jenis polifenol yang terdapat dalam biji selasih dan makanan lainnya.

Rutin mengkonsumsi biji selasih dalam bentuk makanan atau suplemen dapat membantu daya tahan tubuh lebih kuat, sehingga membuat Anda terhindar dari berbagai macam penyakit.

3. Membantu menurunkan berat badan

Kandungan serat dari biji selasih dapat mencukupi kebutuhan harian tubuh. Serat yang diperoleh dari biji selasih membuat lebih cepat kenyang sehingga membantu Anda untuk tidak mengonsumsi makanan dalam jumlah banyak.

4. Menjaga kesehatan pencernaan

Kesehatan pencernaan dalam tubuh memiliki dampak yang besar dalam kesehatan. Jika di pencernaan terdapat masalah, maka akan menimbulkan masalah ke organ lain di sekitarnya. Oleh karena mengonsumsi biji selasih lebih sering dapat menjaga kesehatan pencernaan di dalam tubuh.

Kandungan serat yang tinggi dalam selasih akan menjadi hal yang baik untuk perkembangan bakteri yang baik. Dampaknya, gangguan pencernaan seperti sembelit dan gangguan pencernaan lainnya tidak akan terjadi.

5. Mengontrol gula darah

Biji selasih membuat tubuh lebih sensitif dengan insulin, sehingga gula yang ada di darah bisa digunakan menjadi energi sehingga kondisi seperti diabetes tidak terjadi. Gula darah di dalam tubuh akan lebih terkontrol dengan baik jika mengkonsumsi biji selasih.

6. Menjaga kesehatan jantung

Serat sangat berfungsi untuk menyerap lemak dan kolesterol jahat yang berlebih, kemampuan ini sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung sehingga penyempitan pembuluh darah tidak terjadi.

Cara terbaik untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mengonsumsi makan berserat seperti oatmeal, sayuran hijau, buah-buahan dan juga biji selasih. Dengan makanan yang berserat tinggi kolesterol baik bisa meningkat dan risiko gangguan pada jantung tidak terjadi.

7. Mencegah inflamasi

Omega-3 merupakan salah satu asam amino yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Zat ini bekerja untuk melindungi beberapa jenis organ seperti jantung dan otak. Mengkonsumsi biji selasih akan membuat tubuh lebih kebal dengan inflamasi yang terjadi pada dua organ ini.

8. Menjaga kesehatan kulit

Manfaat biji selasih ternyata dapat menjaga kesehatan kulit. Hal ini dikarenakan konsentrasi antioksidan dan flavonoid di dalamnya mampu merangsang pertumbuhan sel-sel baru.

Antioksidan di dalam biji selasih mampu melawan efek radikal bebas yang dapat menyebabkan stres oksidatif yang menyebabkan mutasi sel, sehingga menyebabkan keriput, bintik-bintik penuaan dan noda. Konsumsi biji selasih secara rutin dipercaya dapat mengurangi bekas luka dan dapat bertindak sebagai zat anti-penuaan.

9. Perawatan rambut

Kadar zat besi dan antioksidan yang terdapat di dalam biji selasi dapat merangsang produksi rambut dan mencegah kerontokan rambut prematur. Zat besi sangat penting untuk sirkulasi yang berfungsi mengarahkan darah ke kulit dan kepala sehingga menghasilkan rambut yang kuat dari folikel.

10. Efek pendinginan

Di beberapa negara Asia, biji selasih terkenal karena efek pendinginannya pada tubuh. Oleh karena efek pendinginannya, biji selasih bisa menenangkan perut. Meski hal tersebut belum dapat dibuktikan dengan pasti, biji selasih ini populer dikonsumsi oleh orang yang menderita demam dan kondisi peradangan lainnya.

11. Meningkatkan kesehatan mata

Mengingat bahwa biji selasih mengandung vitamin A dalam jumlah besar, oleh karena itu mengkonsumsi biji selasi dapat mengobati gangguan penglihatan dan bagi mereka yang tingkat stres oksidatifnya tinggi.

Vitamin A berperan penting sebagai antioksidan kuat di retina mata, sehingga mencegah perkembangan katarak dan memperlambat timbulnya degenerasi makula.

12. Meringankan rasa sakit

Manfaat biji selasih yang terakhir adalah kemampuan untuk mengurangi keparahan dari penyakit radang sendi, asam urat, sakit kepala dan sindrom iritasi usu besar. Dengan mencegah pelepasan senyawa pro-inflamasi dan sitokin, senyawa aktif dalam biji selasih berperan aktif dalam banyak kondisi kesehatan. Sebuah penelitian mengungkapkan, kandungan beta-caryophyllene dari biji selasih memiliki aktivitas anti-rematik yang lebih unggul karena sifat anti-inflamasinya.