Manfaat Gula Aren Untuk Kesehatan

Hidup Sehat – Gula aren merupakan gula yang dihasilkan dari penyadapan air nira dari pohon aren (Arenga pinnata Merr). Air nira yang disadap biasanya menggunakan bunga jantan dari pohon aren atau enau. Gula aren memiliki beberapa manfaat yang baik dalam tubuh karena kandungannya. Kandungan gula aren terdiri dari karbohidrat, protein, lemak, kalsium, zat besi, fosfor, vitamin B3 (niasin), vitamin C dan serat yang sangat baik untuk kesehatan sistem pencernaan. Gula aren juga mengandung fruktosa dan sukrosa yang cukup tinggi sehingga memberikan rasa manis alami dan sehat.

Tidak hanya berguna sebagai penambah citarasa makanan, manfaat gula aren (gula merah) juga baik untuk kesehatan tubuh. Oleh karena itu, simaklah beberapa manfaat gula aren bagi kesehatan tubuh di bawah ini.

1. Mencegah penyakit kanker

Manfaat gula aren bisa mencegah berbagai jenis penyakit kanker. Hal ini dikarenakan gula aren memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi sehingga dapat menangkal berbagai radikal bebas penyebab penyakit kanker.

2. Mengatasi masalah anemia

Selain vitamin C, gula aren juga mengandung zat besi yang cukup banyak. Zat besi di dalam gula aren memiliki manfaat untuk meningkatkan produksi sel darah merah sehingga gejala anemia bisa diatasi.

3. Mencegah kerusakan kulit

Kandungan antioksidan di dalam gula aren tidak hanya berfungsi untuk mencegah penyakit kanker saja, tetapi dapat dapat menjaga kesehatan kulit. Kandungan antioksidan dapat memperbaiki sel-sel yang rusak akibat radial bebas, hal ini yang membuat gula aren baik untuk kerusakan kulit.

4. Meningkatkan sistem kekebaln tubuh

Mengkonsumsi gula aren ternyata dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini dikarenakan kandungan antioksidan yang tinggi didalam gula aren. Mengkonsumsi gula aren atau makanan yang menggunakan gula aren setiap hari dapat memperbaiki sistem imun di dalam tubuh.

5. Menjaga kadar kolesterol tetap normal

Gula aren dipercaya mampu menjaga kadar kolesterol tetap normal di dalam tubuh. Hal ini dikarenakan kandungan niasin atau vitamin B3 yang cukup banyak didalam gula aren.

6. Menghaluskan kulit

Kandungan antioksidan didalam gula aren yang sangat baik untuk kesehatan kulit, hal ini dikarenakan antioksidan yang lengkap dengan kandungan niasin didalamnya. Manfaat gula aren bisa membuat kulit menjadi lebih halus dan nampak lebih indah.

7. Menjaga kesehatan sistem pencernaan

Gula aren juga dapat menjaga sistem pencernaan, dikarenakan serat yang dimilikinya. Kandungan serat makanan membuat proses pencernaan berjalan dengan baik.

8. Mengobati sariawan

Jika Anda sedang sariawan maka Anda cukup mengonsumsi gula aren karena bisa mengobati sariawan pada gusi atau bibir Anda. Anda bisa mengonsumsi gula aren secara langsung atau dalam bentuk makanan lainnya.

9. Mendukung program diet

Bagi Anda yang sedang menjalani program diet maka sebaiknya gantilah gula putih Anda dengan gula merah yang satu ini. Gula aren memiliki kandungan kalori yang lebih rendah dibandingkan gula pasir sehingga hal ini baik untuk menjaga batasan jumlah asupan kalori harian.