Berbagai Manfaat Edamame Untuk Kesehatan

Hidup Sehat – Edamame merupakan kacang kedelai yang masih berada didalam polongnya. Cemilan tradisional negara Jepang ini banyak dimanfaatkan diseluruh dunia. Bukan hanya karena rasanya, tetapi karena manfaat edamame bagi kesehatan tubuh.

Edamame memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik bagi kesehatan seperti protein, lemak tak jenuh, karbohidrat, serat, folat, vitamin A, B, C, E dan K, zat besi, magnesium, mangan, kalsium, zinc, dan kalium.

Dari kandungan yang dimiliki inilah manfaat dari edamame:

1. Menurunkan kadar kolesterol jahat

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi kedelai sebanyak 50gr per hari dapat mengurangi kadar kolesteroll jahat (LDL) dalam tubuh. Hal ini membuat konsumsi kedelai edamame secara rutin mampu mengurangi risiko penyakit jantung.

2. Mengurangi risiko sejumlah penyakit

Kandungan isoflovon dalam kedelai edamame dapat melindungi tubuh dari berbagai penyakit seperti osteoporosis, kanker, hipertensi, dan penyakit jantung, hal ini dikarenakan isoflovon merupakan antioksidan. Bahkan kedelai edamame juga dapat menjaga kestabilan gula darah, sehingga baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes.

3. Meredakan gejala menopause

Kandungan antioksidan isoflavon dan fitoestrogen pada kedelai edamame juga bermanfaat untuk meredakan gejala hot flashes atau munculnya sensasi panas disekitar wajah, leher dan dada pada wanita dimasa menopause

4. Menyehatkan pencernaan

Sebuah riset menunjukkan bahwa kandungan serat dan protein yang tinggi pada edamame akan berfungsi sebagai prebiotik yang dapat membantu pertumbuhan bakteri baik di dalam saluran cerna.

5. Menjaga berat badan

Edamame yang kaya serat, protein, dan antioksidan dapat membantu menjaga berat badan. Dari beberapa riset yang dilakukan bahwa orang yang rutin mengonsumsi makanan berserat, termasuk kacang kedelai dan edamame, rata-rata memiliki berat badan yang ideal. Hal ini dikarenakan efek edamame yang dapat mengurangi lemak dalam tubuh, serta lebih lama dicerna sehingga dapat membuat kenyang lebih lama.

Beberapa manfaat di atas sejauh ini masih terbatas pada beberapa penelitian berskala kecil. Oleh karena itu, masih dibutuhkan riset lebih lanjut untuk memastikan manfaat edamame terhadap kesehatan dan pencegahan penyakit.