Manfaat Kacang Tanah Untuk Kesehatan

Hidup Sehat –  Kacang tanah (Arachis hypogaea L) merupakan kolompok legume dan tidak sama dengan kacang-kacangan yang berasal dari pepohonan seperti almond, kacang mete dan kenari. Namun memiliki kandungan yang hampir sama.

Beberapa studi mengungkapkan bahwa ada banyak jenis kacang yang bermanfaat bagi kesehatan jika dikonsumsi dengan takaran yang tepat.

Kacang tanah memiliki kandungan vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, karbohidrat, sodium, potasium, kalsium, zat besi, asam folat, protein, mangan, biotin, serat, magnesium, lemak tak jenuh tunggal dan ganda, serta kaya akan antioksidan. Berikut ini beberapa manfaat kacang tanah untuk kesehatan:

1. Membantu menurunkan berat badan

Kandungan serat dalam kacang tanah dapat membantu dalam menurunkan berat badan, hal ini dikarenakan mengkonsumsi kacang tanah akan membuat rasa kenyang lebih lama. Selain memberikan rasa kenyang, kacang tanah termasuk kacang-kacangan yang mengandung serat makanan tidak larut sehingga memegaruhi usaha penurunan berat badan.

2. Mencegah kanker perut

Kacang tanah mengandung antioksidan yang sangat tinggi. Jenis antioksidan yang ada di dalam kacang tanah memiliki kemampuan mencegah terjadinya penyakit kanker perut. Kandungan antioksidan yang memiliki sifat antikarsinogenik dapat mengurangi produksi nitro amino yang bersifat karsinogenik.Dengan mengkonsumsi kacang tanah dalam jumlah yang cukup akan mencegah dari penyakit kanker perut.

3. Menjaga kesehatan jantung

Dengan mengkonsumsi kacang tanah Anda sedang menjaga kesehatan jantung. Hal ini disebabkan oleh nutrisi yang dikandung kacang tanah dapat menurunkan kolesterol LDL, mencegah stroke dan mampu meningkatkan produksi oksida nitrat.

4. Mencegah terbentuknya batu empedu

Batu empedu banyak terjadi pada orang dewasa. Masalah batu empedu bisa menggangu kesehatan, oleh karena itu mengkonsumsi kacang tanah dapat mencegah pembentukan batu empedu.

Hal ini bisa terjadi karena kacang tanah bisa menurunkan kadar kolesterol jahat atau kolesterol LDL. Kadar kolesterol LDL yang sedikit dapat mencegah pembentukan batu empedu.

5. Mendukung pertumbuhan tubuh

Kacang tanah dapat membantu masa pertumbuhan tubuh, hal ini dikarenakan kandungan protein dalam jumlah besar, serta kacang tanah juga mengandung asam amino yang membuat tumbuh kembang menjadi lebih cepat.

6. Menjaga kesehatan kulit

Antioksidan yang dimiliki kacang tanah memberikan kesehatan pada kulit. Antioksidan akan mencegah terjadinya oksidasi yang akan merusak kulit. Selain antioksidan, kandungan vitamin E juga dapat melindungi kulit dari kerusakan kaibat oksidatif. Manfaat kacang tanah juga bisa melindungi kulit dari paparan sinar UV dari matahari yang bisa merusak dan membakar kulit.

7. Mengontrol gula darah

Kandungan mangan yang ada didalam kalsium bisa mengatur kadar gula darah agar tetap normal. Kadar gula darah normal sangat penting untuk tetap dimiliki agar tidak mengalami gangguan metabolisme tubuh.

8. Mengatasi depresi

Depresi atau kondisi tertekan disebabkan oleh rendahnya kadar serotonin. Kacang tanah yang mengandung senyawa triptofan yang bisa meningkatkan pelepasan zat kimia tertentu. Pelepasan zat kimia tersebut bisa meningkatkan kadar serotonin sehingga depresi bisa diatasi. Jika Anda dalam kondisi depresi atau tertekan, mengkonsumsi kacang tanah rebus, goreng atau selai adalah hal yang baik.