Berbagai Manfaat Talas Untuk Kesehatan

Hidup Sehat – Talas merupakan jenis umbi-umbian yang banyak tumbuh di daratan Afrika, Amerika dan Asia. Tanaman ini diperkaya oleh antioksidan, karbohidrat kompleks, vitamin C, vitamin B, vitamin A, vitamin E, folat, serta mineral seperti zat bisi dan tembaga.

Berikut adalah manfaat dari tanaman talas :

1 Menjaga kadar gula tetap normal

Kadar gula yang normal akan menjaga dan menunjang kesehatan tubuh. Kadar gula darah yang terlalu tinggi akan menyebabkan resistensi insulin, dan apabila tidak terkontrol akan beresiko meyebabkan penyakit diabetes.

Penyakit diabetes yang tidak diobati akan banyak menimbulkan berbagai komplikasi berbahaya, seperti kerusakan retina mata, penyakit jantung, stroke, gagal ginjal, dan daya tahan tubuh yang lemah.

Untuk menjaga kadar gula darah tetap normal, tubuh membutuhkan asupan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks dan serat. Didalam talas mengandung indeks glikemik yang rendah sehingga baik untuk menjaga kestabilan gula darah.

2. Mencegah penyakit jantung

Kandungan serat, kalium, dan antioksidan yang tinggi dalam tanaman talas dapat menjaga kadar gula darah, dan juga dapat memelihara kesehatan jantung.

Di dalam tubuh, serat yang kamu dapat dari talas berfungsi untuk memastikan agar kadar kolesterol tetap normal. Jika terlalu banyak, kolesterol dapat menyumbat pembuluh darah, sehingga aliran darah ke organ tubuh tertentu jadi terhambat. Jika pembuluh darah ke jantung yang mengalami penyumbatan maka dapat terjadi penyakit jantung.

Selain itu, kandungan kalium didalam talas juga baik untuk mencegah tekanan darah tinggi. Diketahui bahwa tekanan darah tinggi juga dapat menimbulkan penyakit jantung.

Dengan mengkonsumsi 1 porsi talas, kebutuhan 20% serat dan kalium harian orang dewasa dapat terpenuhi. Serat dan kalium juga perlu didapat dari buah, sayur, kacang-kacangan dab biji-bijian.

3. Meningkatkan kekuatan tulang

Kalsium dalam talas lebih tinggi dibandingkan dengan tanaman yang sejenisnya, hal ini membuat tanaman talas membantu tulang agar tetap padat dan kuat, sehingga akan terhindar dari pengeroposan tulang atau osteoporosis.

Oleh karena itu, cukupilah kebutuhan kalsium harianmu. Orang dewasa dianjurkan untuk mengonsumsi kalsium sebanyak 1000-1100 mg setiap harinya. Sementara untuk anak-anak, asupan kalsium harian yang dianjurkan lebih tinggi, yaitu 1000-1200 mg.

4. Mengurangi risiko kanker

Paparan radikal bebas dapat mengganggu fungsi organ tubuh dan juga dapat memicu pertumbuhan sel kanker. Oleh sebab itu, tubuh membutuhkan antioksidan untuk mengakal efek radikal bebas yang datang dari berbagai sumber, seperti metabolisme alami tubuh, polusi dan sinar matahari.

Kandungan antioksidan seperti pelifenol, vitamin C dan vitamin E dapat mengurangi risiko kanker dan menjaga tubuh dari radikal bebas.

5. Membantu menjaga berat badan

Serat dan karbohidrat dalam talas membutuhkan waktu yang cukup lama untuk dicerna, hal ini membuat talas dapat memberikan efek kenyang lebih lama. Oleh karena itu talas dapat dijadikan makanan untuk menjaga berat badan atau orang yang sedang melakukan program diet.

Meskipun tanaman talas baik untuk kesehatan, sebelum mengonsumsinya pastikan talas sudah dicuci hingga bersih dan dimasak hingga benar-benar matang. Jika talas yang kamu konsumsi masih kotor atau kurang matang, kamu justru berisiko mengalami keracunan atau infeksi. Satu hal lagi yang perlu kamu ingat, konsumsilah talas dalam batas wajar.

Jika kamu memiliki penyakit tertentu atau mengonsumsi obat-obatan yang harus dikonsumsi dalam jangka panjang, ada baiknya kamu berkonsultasi dulu ke dokter untuk menentukan apakah talas aman dikonsumsi dan seberapa banyak porsi talas yang boleh kamu santap per harinya.