Manfaat Buah Plum Untuk Kesehatan

Hidup Sehat – Buah plum merupakan salah satu jenis buah yang banyak ditemukan di negara barat, seperti Amerika dan Eropa. Buah plum juga diperkaya akan antioksidan yang bermanfaat untuk menangkal radikal bebas.

Selain antioksidan, buah plum juga mengandung beragam vitamin dan mineral yang bagi untuk kesehatan, seperti vitamin A, B1, B2, B3, B6, B9, B12, C, K, Serat, kalium, magnesium, mangan, fosfor, zat besi dan seng. Berikut ini adalah manfaat buah plum untuk kesehatan:

1. Menurunkan berat badan

Buah plum termasuk buah yang rendah akan kalori dan mengandung asam lemak tak jenuh. Buah plum juga kaya akan serat, vitamin C dan vitamin A yang membuat kenyang lebih lama, sehingga baik untuk menjadi makanan bagi melakukan program diet.

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Mengonsumsi buah plum dapat meningkatkan daya tahan tubuh, hal ini dikarenakan kandungan antioksidan yang tinggi didalamnya. Buah plum jika dikonsumsi dengan rutin akan mencegah kerusakan sel-sel tubuh akibat radikal bebas.

3. Menjaga kesehatan mata

Kandungan vitamin A dalam buah plum sangat membantu dalam menjaga kesehatan mata, hal ini dikarenakan dalam buah plum terdapat sekitar 5% vitamin A.

4. Mencegah sembelit

Buah plum yang dikenal dengan kandungan serat alami yang sangat tinggi. Kandungan serat dalam buah ini membantu dalam proses pemadatan feses sehingga membantu dalam melancarkan proses pembuangannya. Mengonsumsi buah plum secara teratur dapat menurunkan risiko sembelit.

5. Menjaga kadar gula darah

Buah plum meski tinggi akan karbohidrat, mengonsumsi buah plum tidak menyebabkan peningkatan kadar gula darah berlebihan. Hal ini dikarenakan buah plum mampu meningkatkan kadar adinopektin, yaitu hormon yang berperan dalam mengatur kadar gula darah. Selain itu, serat alami dibuah plum juga berperan untuk menghambat penyerapan karbohidrat didalam usus.

6. Mencegah osteoporosis

Mengonsumsi buah plum kering secara rutin baik untuk kesehatan tulang, hal ini dikarenakan kandungan boron didalamnya bisa memperpanjang daya tahan vitamin D dan estogen dalam tubuh.

Buah plum kering juga kaya akan kandungan vitamin K, magnesium, kalium, dan antioksidan yang mampu melindungi tulang dari kerusakan akibat radikal bebas.

Untuk mendapatkan beragam manfaat buah plum yang telah dipaparkan diatas, perlu mengonsumsi buah ini secara rutin. Agar hasil menjadi maksimal dianjurkan untuk konsultasi dengan dokter gizi, supaya tidak menimbulkan efek samping dan menjadi penyakit untuk tubuh.