Manfaat Buah Kawista Untuk Kesehatan

Hidup Sehat – Buah kawista merupakan buah asli India dan beberapa negara Asia Tenggara. Buah ini tumbuh dari pohon kawista yang dianggap suci oleh umat Hindu. Buah dengan nama latin Limonia acidissima banyak dijadikan sebagai minuman untuk pengobatan tradisional. Buah ini dipercaya dapat mengatasi sembelit, diare, asma, diabetes dan keluhan kesehatan lainnya.

Buah kawista mengandung nutrisi alami yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Kandungan tersebut terdiri dari karbohidrat, lemak, protein, vitamin A, vitamin C, tiamin, riboflavin, niasin, karoten, kalsium, kalium, serat, air, dan kalori (energi). Selain itu buah kawista juga mengandung vitamin B1, vitamin B2, tianin, flavonoid, dan kumarin, yang secara kimia berfungsi untuk meredakan inflamasi atau pembengkakan.

Berikut adalah manfaat buah kawista untuk kesehatan:

1. Mengatasi diare

Berdasarkan penelitian yang dipublikasian di BMC Complementary and Alternative Medicine pada tahun 2009, sifat antibakteri pada ekstrak buah ini membantu meredakan gejala diare yang diakibatkan oleh infeksi bakteri.

Selain buah, daun dan batang serta cabang pohon kawista juga dipercaya memiliki kandungan tianin dan substansi lainnya yang efektif untuk mengatasi sembelit, sakit perut, hingga tukak lambung. Penelitin ini masih bersifat terbatas dan masih membutuhkan lebih dalam untuk uji medis lainnya.

2. Mengatasi penyakit radang usus

Sebuah penelitian dari Indian Journal of Pharmacology pada tahun 2012 menyampaikan bahwa kawista memiliki potensi untuk melindungi penyakit radang usus.

Penelitian ini dilakukan masih pada tikus dengan memberikan ekstrak buah kawista mentah dan hasilnya menunjukkan bahwa estrak tersebut dapat mengurangi risiko peradangan usus. Meskipun demikian, penelitian lanjutan masih dilakukan untuk memastikan bahwa potensi buah kawista dapat mengatasi penyakit usus.

3. Mencegah skorbut

Buah kawista juga dipercaya untuk mencegah skorbut. Skorbut merupakan penyakit langka yang diakibatkan defisiensi atau kekurangan vitamin C yang dapat mengancam jiwa. Penyakit ini kemudian dikaitkan dengan komplikasi anemia, kelelahan, pendarahan spontan, dan gejala kekurangan vitamin C lainnya.

Buah kawista memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi, hal ini dapat mencegah kondisi penyakit tersebut serta dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam melawan berbagai infeksi virus dan bakteri.

4. Membantu mengontrol diabetes

Masih belum ada uji klinis yang membuktikan buah kawista dapat mengatasi dan mengontrol diabetes, namun beberapa kalangan masyarakat mempercayai bahwa dengan mengosumsi buah kawista dapat membantu dalam mengontrol gula darah untuk penderita diabetes. Kandungan buah kawista dipercaya dapat mengelola aliran sekresi dan keseimbangan gula darah.

Buah ini sangat efektif dalam meningkatkan kenerja pankreas agar menghasilkan kadar insulin yang cukup dalam mengontrol kadar gula darah. Penelitian lebih lanjut masih dibutuhkan untuk memastikan bahwa buah ini memiliki potensi untuk mengatasi diabetes.

5. Memiliki efek animikroba

Beberapa penelitian menyampaikan bahwa buah kawista memiliki efek antimikroba, antivirus, serta anti jamur yang sangat efektif untuk mencegah dan mengobati berbagai infeksi dan penyakit dalam tubuh.

6. Meredakan gangguan pernapasan ringan

Ekstrak daun pohon kawista telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengatasi gangguan pernapasan ringan terkait kondisi pilek kronis, batuk dan sakit tenggorokan serta dipercaya dapat melegakan dahak dan pernapasan.

Ekstrak minyak kawista juga dipercaya untuk membantu dalam meredakan gejala pernapasan ringan seperti asma.

Itulah manfaat buah kawista untuk kesehatan, namun penelitian lebih mendalam masih diperlukan untuk membuktikan keefektifan buah kawista dalam meredakan berbagai penyakit.

Menggunakan buah ini sebagai pilihan perawatan kesehatan akan lebih efektif bila konsultasi kepada dokter. Supaya tidak terjadi masalah dalam kesehatan untuk kedepannya.

Efek Samping Buah Kawista

Belum ada penelitian medis mengenai kebenaran manfaat buah kawista untuk kesehatan. Kekhawatiran juga muncul akan efek samping buah kawista yang mungkin terjadi dari mengosumsi ekstrak buah ini.

Daun pohon kawista mengandung aegeline yaitu zat kimia yang dikaitkan dengan masalah hati, dan gagal hati, hingga kematian. Senyawa alami dari tanaman juga berpotensi menyebabkan kerusakan hati dan munggangu fungsi sel-sel tubuh karena minimnya pengetahuan tentang kandungan dan bahan kimi lainnya yang mungkin ada di buah kawista.