Manfaat Angkak Untuk Kesehatan dan Efeknya

Hidup Sehat –Angkak merupakan hasil permentasi yang terjadi pada beras merah oleh jamur Monascus purpureus dan menghasilkan warna merah kecoklatan. Angkak juga banyak dikonsumsi menjadi makanan pokok sebagian orang.

Selain menjadi bahan pokok, angkak juga sering digunakan untuk suplemen makanan. Kandungan zat didalam angkak sangat baik untuk kesehatan tubuh. Kandungan tersebut terdiri dari serat, karbohidrat, dan protein. Selain itu, angkak juga mengandung lovastatin yang sangat baik untuk kesehatan jantung. Senyawa Lovastatin merupakan zat yang ada didalam obat jantung.

Berikut merupakan manfaat dari angkak:

1. Menurunkan kadar kolesterol

Angkak sangat baik digunakan untuk orang-orang yang memiliki masalah kadar kolesterol tinggi, hal ini dikarenakan kandungan angkak dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL).

Selain itu, angkak juga dapat mengurangi kadar trigliserida. Mengosumsi angkak dapat menurunkan kolesterol total dan meningkatkan kadar kolesterol baik.

2. Mengingkatkan kesehatan jantung

Angkak memiliki kemampuan untuk meningkatkan kadar lipid darah yang baik dan menurunkan kadar lipid darah yang negatif (kolesterol jahat dan trigliserida), sehingga dapat menjaga kesehatan jantung.

Kandungan lovastatin yang ada didalam angkak juga dapat menjaga serta meningkatkan kesehatan jantung. Hal ini juga menjadikan zat lovastatin sangat baik untuk menurunkan risiko serangan jantung.

Angkak juga dapat meningkatkan kelenturan pembuluh darah sehingga akan berdampak baik pada tekanan darah dan sistem kardiovaskular, serta mampu mencegah pembuluh darah menjadi beku.

3. Mengurangi peradangan dan infeksi

Beberapa penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa angkak dapat mengurangi peradangan yang sedang terjadi dalam tubuh, hal itu dikarenakan senyawa yang dikandung oleh angkak.

Mengosumsi angkak akan berdampak pada penurunan zat TNF dan IL-6 yang sangat terkait dengan penyebab terjadinya inflamasi, Kandungan ini juga dapat membantu untuk melawan infeksi akut.

4. Mengendalikan kadar gula darah

Mengosumsi angkak tidak hanya berdampak pada jantung, namun juga dapat mengontrol gula darah agar tetap batas normal. Hal ini menjadikan angkak dapat berdampak positif pada perbaikan metabolisme tubuh.

Sehingga manfaat angkak dapat mencegah terjadinya sindrom metabolik karena kadar lipid darah, kadar gula darah, serta tekanan darah yang selalu terkendali dengan baik dalam batasan normal.

5. Mencegah penyakit kanker

Kandungan angkak tidak hanya baik terhadap normalnya nilai tanda-tanda vital (suhu tubuh, denyut nadi, laju pernafasan, dan tekanan darah), kadar gula darah, dan kadar lipid darah. Kandungan angkak juga dapat melawan penyakit kanker dan membunuh sel-sel kanker serta penyebarannya.

Mengobatui penyakit kanker dapat dilakukan dengan menggunakan angkak, dikarenakan kandungan angkak yang secara efektif dalam membunuh sel kanker.

6. Membantu pertumbuhan tulang

Angkak juga dipercaya mampu membantu pertumbuhan tulang dan meningkatkan kepadatan tulang, sehingga akan terhindar dari penyakit osteoporosis.

Mengosumsi angkak baik bagi mereka yang mengalami masa pertumbuhan tulang, sehingga berdampak pada struktur tubuh yang bagus dan baik.

7. Mengobati penyakit hati

Mengosumsi angkak juga dapat menjaga kesehatan organ hati. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengosumsi angkak dapat menurunkan kadar enzim hati. Jika kadar enzim dalam hati tinggi dapat menimbulkan kerusakan hati.

Efek samping mengosumsi angkak

Selain memiliki manfaat, angkak juga memiliki beberapa efek samping yang harus dihindari. Kandungan zat lovastatin dalam angkak memang baik untuk kesehatan jantung, tetapi bisa menimbulkan efek samping pada ibu hamil.

Zat lovastatin dalam angkak dapat membahayakan kondisi janin dalam kehamilan. Hasil studi menunjukkan bahwa binatang yang mengosumsi angkak pada saat kehamilan menimbulkan cacat saat lahir.

Ibu yang sedang menyusui juga sebaiknya tidak mengosumsi angkak, hal ini dikarenakan dampak angkak pada kualitas air susu ibu, sehingga membuat bayi lemih aman.

Angkak juga dapat memicu terjadinya reaksi alergi seperti ruam kulit, gatal-gatal, sulit bernafas, sakit kepala, mual, dan muntah. Angkak juga dapat menurunkan imunitas dalam tubuh jika dikonsumsi berlebihan. Efek samping yang sering terjadi saat mengosumsi angkak adalah sakit perut, perut kembung, dan masalah otot.

Sebaiknya jika ingin mengosumsi angkak sebagai obat tradisional ataupun suplemen makanan, berkonsultasilah terlebih dahulu kepada dokter agar bisa mendapatkan informasi yang lebih tepat.