Manfaat Singkong Untuk Kesehata dan Efeknya

Hidup Sehat – Singkong adalah makanan pokok yang banyak digunakan selain nasi oleh masyarakat Indonesia. Dikarenakan singkong memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan, kandungan tersebut ialah karbohidrat, protein, serat, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, potasium, sodium,zink, vitamin A, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B6, vitamin B9(folat), vitamin E dan vitamin K. Kandungan nutrisi inilah yang menjadi alasan mengapa singkong digunakan untuk makanan pokok.

Berikut ini adalah manfaat singkong untuk kesehatan;

1. Sumber energi bagi tubuh

Singkong merupakan sumber energi yang baik dalam tubuh, hal ini dikarenakan kandungan karbohidrat yang tinggi. Karbohidrat merupakan asupan bahan bakar utama dalam tubuh. Karbohidrat merupakan zat yang akan bertransformasi menjadi glukosa yang menjadi sumber energi bagi tubuh.

Senyawa karbohidrat sangat diperlukan oleh organ tubuh seperti otak untuk dapat menjalankan fungsinya dengan baik, jika kekurangan karbohidrat akan membuat otak kehilangan fokus.

2. Merawat kesejatan sistem pencernaan

Kandungan serat yang dimiliki oleh singkong mampu menjaga dan merawat sistem pencernaan dalam tubuh. Serat merupakan jenis bahan makanan yang tidak mengandung karbohidrat sehingga baik untuk menjaga sistem pencernaan. Kekurangan serat dalam tubuh akan menjadi pencetus dari sejumlah masalah pada sistem pencernaan seperti sembelit, radang usus, diare, dan lain-lain.

Serat yang masuk dalam tubuh akan bekerja membantu perkembangan bakteri baik pada usus sekaligun mengoptimalkan fungsi bakteri, sehingga akan melindungi usus dari infeksi bakteri jahat.

3. Meminimalisir risiko penyakit jantung

Penelitian yang dilakukan dari University of Kentucky, Amerika Serikat pada tahun 2009 menyebutkan bahwa serat berfungsi untuk meminimalisir risiko seseorang untuk mengalami penyakti jantung koroner dan penyakit berbahaya lainnya seperti tekanan darah tinggi dan stroke.

Singkong juga tanaman yang memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga dinilai dapat meminimalisir risiko penyakit jantung koroner.

4. Mencegah kanker

Singkong juga memiliki sejumlah senyawa antioksidan yang tinggi. Senyawa antioksidan berfungsi untuk memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak akibat radikal bebas, antioksidan juga bertugas untuk menghalau serangan radikal bebas tersebut.

Meski belum ada bukti ilmiah perihal manfaat singkong untuk kanker, tapi tidak ada salahnya untuk mengosumsi singkong.

5. Mencegah diabetes

Sebuah penelitian yang dikeluarkan oleh Journal of Nutrition and Human Health pada tahun 2018, singkong diklaim sangat efektif untuk mengendalikan kadar gula darah dalam tubuh. Studi ini melibatkan 40 orang dewasa yang megosumsi 360gr singkong terbukti berhasil membuat kadar gula darah menjadi terkendali atau normal. Singkong juga mengandung serat dan vitamin A yang dapat mencegah diabetes.

6. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kandungan vitamin A yang dimiliki singkong dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, hal ini diklaim oleh sebuah studi yang dirilis oleh NCBI. Vitamin A dalam singkong memiliki peran dalam meningkatkan kinerja sistem kekebalan tubuh.

Efek Samping Mengosumsi Singkong

Singkong juga mengandung zat sianida yang perlu diperhatikan. Efek samping yang dirasakan apabila mengosumsi singkong yang diolah secara tidak tepat yaitu penurunan kadar yodium, pusing atau sakit kepala, gangguan pernafasan, tubuh terasa lelah, dan hilangnya kesadaran.

Sebaiknya mengosumsi singkong tidak dalam keadaan mentah. Singkong yang baik untuk dikosumsi adalah singkong yang mengalami proses pemasakan yang benar-benar matang, seperti direbus, kukus panggang atau goreng.

Sebaiknya konsultasilah kepada dokter spesialis gizi untuk mendapatkan informasi lebih lanjut perihal manfaat singkong bagi kesehatan.