Manfaat Buah Kecapi Untuk Kesehatan

Hidup Sehat – Buah kecapi (Sandoricum koetjape) atau buah santol merupakan buah yang mirip dengan buah manggis dan sering disebut dengan manggis liar. Buah kecapi merupakan buah asli Betawi yang sudah jarang ditemui. Buah ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, dikarenakan kandungan nutrisi dan vitamin yang ada didalamnya. Kandungan itu terdiri dari karbohidrat, fosfor, kalium, kalsium, zat besi dan vitamin C.

Beriku ini adalah manfaat buah kecapi untuk kesehatan:

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Tubuh yang sehat pasti memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik. Jika sistem kekebalan tubuh menurun maka tubuh senantiasa akan diserang oleh berbagai penyakit. Mengonsumsi buah kecapi dapat memperbaiki sistem kekebalan tubuh yang buruk, hal ini dikarenakan kandungan antioksidan dan vitamin C di dalamnya.

2. Menurunkan kolesterol

Buah kecapi yang mengandung serat dan senyawa pektin sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Kolesterol yang ada didalam tubuh terdiri dari kolesterol jahat atau low-density lipoprotein (LDL) dan kolesterol baik atau high-density lipoprotein (HDL).

Kolesterol jahat merupakan musuh bagi tubuh, hal ini dikarenakan berpotensi menyebabkan penumpukan lemak yang berakibat pada tersumbatnya aliran darah, sehingga akan menyebabkan penyakit kardiovaskular seperti jantung dan stroke.

3. Mengontrol gula darah

Buah kecapi memiliki indeks glikemik yang rendah, walaupun buah kecapi ini memiliki rasa manis. Hal ini menjadikan buah kecapi aman untuk dikonsumsi bagi mereka yang mengalami diabetes. Buah ini juga memiliki serat yang tinggi sehingga buah ini dapat mengontrol kadar gula darah di dalam tubuh.

4. Meminimalisir risiko kanker.

Menerapkan pola hidup yang sehat dan mengosumsi makanan bergizi adalah hal yang baik untuk mencegah kanker. Kanker merupakan penyakit yang sangat mematikan yang disebabkan oleh kerusakan sel tubuh akibat serangan radikal bebas.

Kandungan zat antioksidan yang tinggi didalam buah kecapi baik untuk memperbaiki sel-sel tubuh yang diserang oleh radikal bebas.

5. Menghindari osteoporosis

Kandungan mineral seperti kalsium dan fosfor yang dimiliki buah kecapi sangat baik untuk merawat kesehatan tulang dan dapat mencegah tulang mengalami pengeroposan. Selain itu kedua mineral ini juga efektif dalam merawat kesehatan gigi dan menjaga enemel gigi tetap sehat.

6. Merawat kesehatan usus

Mengosumsi buah kecapi dapat menjaga kesehatan fungsi usus dengan cara membantu perkembangan baik didalam usus. Hal ini dikarenakan kandungan serat yang baik dalam buah kecapi.

Kandungan serat juga efektif dalam mengatasi masalah susah buang air besar (BAB), dikarenakan serat dapat mengubah tekstur fases yang sebelumnya keras menjadi lunak, shingga mudah untuk dikeluarkan.

7. Mengobati demam

Mengosumsi buah kecapi merupakan solusi yang baik untuk mengatasi demam. hal ini dikarenakan buah kecapi dapat memicu tubuh untuk mengeluarkan keringat lebih banyak saat kondisi demam, sehingga suhu badan dapat turun.

8. Mencegah penuaan dini

kandungan vitamin C dalam buah kecapi mampu untuk mencegah terjadinya penuaan dini. Penuaan yang terjadi pada kulit ditandai dengan sejumlah kerutan dan flak hitam. Vitamin C dan antioksidan yang dimiliki buah kecapi mampu memperbaiki sel- sel pada kulit sehingga kulit lebih bersih, cerah dan kencang.

9. Mengobati alergi

Alergi akan muncul ketika sistem kekebalan tubuh menjadi sangat sensitif terhadap elemen asing yang masuk ke dalam tubuh. Alergi akan muncul dari makanan, debu, luka dan lain-lain. Ketika sistem kekebaln tubuh ini bermasalah maka reaksi alergi yang muncul seperti kulit menjadi kemerahan, gatal, dan batuk hingga bersin.