Manfaat Buah Langsat Untuk Kesehatan

Hidup Sehat – Buah langsat (L. domesticum var. domesticum) merupakan buah tropis yang banyak ditemukan diberbagai negara termaksud Indonesia. Buah yang mirip dengan duku ini memiliki rasa yang lezat dan menyegarkan.

Buah langsat memiliki perbedaan dengan buah duku, hal ini terlihat dari kulit langsat yang cenderung lebih tipis dan lebih bergetah walaupun buahnya sudah matang, sedangkan duku memiliki kulit yang tebal dan tidak memiliki getah apabila sudah matang.

Kandungan buah langsat terdiri dari serat yang tinggi, vitamin, mineral dan antioksidan yang dibutuhkan oleh tubuh. Buah ini juga mengandung polifnol yang berlimpah yang terdapat di dalam daging buahnya, tetapi paling banyak terdapat pada biji dan kulinya.

Berikut adalah manfaat dari buah langsat untuk kesehatan:

1. Sumber serat alami

Serat adalah nutrisi yang paling penting untuk menjaga dan mendukung sistem pencernaan. Kandungan serat yang tinggi dalam buah langsat sangat bermanfaat bagi kesehatan, hal ini dapat membantu mengatasi gejala sembelit dan mencegahnya. Dalam 100gr buah langsat memiliki kandungan serat sebanyak 2gr, jumlah ini sudah memenuhi 8-11% serat yang dibutuhkan wanita dan 6-8% serat yang dibutuhkan pria setiap harinya.

2. Membantu mengontrol berat badan

Buah langsat dapat dijadikan salah satu menu untuk dikosumsi ketika ingin menurunkan berat badan, dikarenakan buah langsat mengandung serat yang tinggi dan tidak memiliki kandungan lemak jenuh maupun kolesterol.

Jika ingin mendapatkan manfaat dari buah langsat untuk menurunkan berat badan, perhatikan jumlah kalori yang dihasilkan oleh buah langsat, setiap 100gr buah langsat mengandung kurang lebih 57 kkal.

3. Mengontrol kadar kolesterol

Buah langsat sangat baik untuk mengontol kadar kolesterol dalam darah, hal ini dikarenakan dalam buah langsat tidak memiliki lemak jenuh dan kolesterol.

Berbagai penelitian yang dilakukan telah menunjukkan bukti bahwa makanan yang mengandung kadar serat tinggi, terutama serat larut air, sangat efektif untuk membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Serat memiliki fungsi untuk menghambat penyerapan lemak jenuh yang berbahaya bagi tubuh.

4. Membantu menjaga metabolisme tubuh

Sumber vitamin B kompleks yang terdiri dari vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, hingga folat ini ada dalam buah langsat.

Kandungan vitamin B kompleks sangat berperan dalam membantu metabolisme karbohidrat, lemak, dan juga protein. Vitamin B2 yang dimiliki buah langsat sangat tinggi, sehingga mampu menjaga sistem saraf agar berfungsi dengan baik.

5. Menurunkan risiko penyakit kardiovaskular

Kandungan yang terdapat dalam buah langsat dapat membantu mengontrol kolesterol dalam tubuh, kolesterol merupakan salah satu faktor yang menyebabkan penyakit kardiovaskular. Selain itu, kandungan kalium dalam buah langsat yang tinggi juga dapat membantu mengendalikan detak jantung dan tekanan darah.

6. Mencerahkan kulit

Dalam hal kecantikan buah langsat tidak diperlu diragukan lagi, dikarenakan beberapa produk perawatan kecantikan menggunakan estrak langsat sebagai salah satu formulanya.

Skin care yang mengandung esktrak buah langsat dipercaya dapat membantu mencerahkan dan melembapkan kulit serta kandungan antioksidan dalam langsat juga mampu mencegah penuaan.