Manfaat Buah Aprikot Untuk Kesehatan

Hidup Sehat –Buah Aprikot merupakan buah yang menjadi bahan perbincangan para beauty influencer saat ini. Buah Aprikot masih belum banyak dikenali oleh masyarakat Indonesia, dikarenakan buah ini tumbuh liar di Armenia, Yunani, Roma dan India.

Buah ini sangat mirip dengan buah peach dan plum dengan rasa yang menyegarkan yakni manis dan asam. Buah aprikot ini mengandung banyak vitamin dan mineral sehingga sangat baik untuk kesehatan. Kandungan itu terdiri dari kalori, karbohidrat, protein, lemak, serat, vitamin A, vitamin C, vitamin E dan kalium. Selain kandungan diatas, buah aprikot juga mengandung beta karoten, lutein, dan zeaxanthin yang merupakan antioksidan kuat yang membantu melawan radikal bebas dalam tubuh

Berikut manfaat buah aprikot untuk kesehatan:

1. Mengatasi sembelit

Dari hasil penelitian yang dilakukan di World Journal of Gastroenterology, buah aprikot mengandung serat yang bagus untuk pergerakan usus halus.

Serat memiliki manfaat untuk merangsang cairan dalam lambung dan pencernaan sehingga membantu penyerapan nutrisi dan memecah makanan agar lebih mudah diproses. Serat juga berfungsi untuk mengaktifkan gerakan peristaltik saluran pencernaan dan gerakan otot polos.

Serat dalam buah aprikot juga sangat baik dan disarankan untuk dikonsumsi bagi mereka yang mengalami penyakit sembelit.

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Buah aprikot juga dapat melindungi dari berbagai masalah penyakit seperti aterosklerosis, serangan jantung dan stroke. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin C, potasium, serat dan antioksidan yang sangat baik.

Dari penelitian yang dilakukan oleh Dr. Lien Ai Pham-Huy dan team di pusat Medis Universitas Stanford, AS, vitamin C yang termasuk dalam antioksidan ini dapat menjaga dan melindungi jantung dari serangan radikal bebas.

Kandungan potasium dalm buah aprikot juga dapat menurunkan tekanan darah dengan melemaskan ketegangan pembuluh darah dan arteri. Sedangkan serat mengurangi kelebihan kolesterol dari lapisan pembuluh dan arteri. Dari keseluruhan sifat-sifat dari buah aprikot ini sangat baik untuk meningkatkan kesehatan jantung.

3. Meningkatkan metabolisme

Jumlah cairan di seluruh tubuh terdiri dari kalium dan natrium. Dalam buah aprikot kedua kandungan ini sangat tinggi, sehingga dapat menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh, dan memastikan energi tersalurkan dengan baik ke seluruh organ tubuh dan otot. Dengan Menjaga dan mempertahankan keseimbangan elektrolit, tubuh memiliki lebih banyak energi yang dapat mengurangi kram, menjaga darah, serta memenuhi energi yang dibutuhkan tubuh.

4. Meningkatkan kesehatan mata

Kandungan karotenoid dan xantofil yang kaya dalam buah aprikot, merupakan nutrisi yang dapat dan mampu mencegah penyakit penglihatan terkait bertambahnya usia yang disampaikan oleh para peneliti.

Buah aprikot ini juga akan vitamon A yang sangat penting dalam menyehatkan mata, vitamin ini juga disebut retinol yang dapat mencegah degenerasi makula terkait usia.

5. Meningkatkan kesehatan tulang

Buah aprikot juga memiliki kandungan kalsium yang berfungi dalam perkembangan dan kesehatan tulang. Selain kalsium buah aprikot juga mengandung kalium yang penting dalam penyerapan dan distribusi kalsium yang sangat bagus.

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa buah aprikot dapat memperbaiki tulang dari pengeroposan dan mengubah metabolisme tulang pada wanita pascamenopause.

6. Mengatasi penyakit pernafasan

Masalah pernafasan seperti asma, pilek dan flu dapat diatasi dengan mengosumsi buah aprikot, hal ini dikarenakan kandungan vitamin E. Vitamin E bekerja seperti antioksidan yang dapat melawan radikal bebas. Antioksidan dapat meningkatkan kekebalan dan mencegah masalah kesehatan dikarenakan radikal bebas.

7. Bikin kulit glowing

Buah aprikot dapat dijadikan bahan luluran yang dapat membantu pengelupasan sel-sel kulit mati dan rusak, sehingga membantu mencerahkan kulit. Kandungan yang dimiliki buah aprikot juga dapat meregenerasi sel-sel kulit, sehingga dapat menjadikan kulit tampak segar dan glowing.

Minyak buah aprikot juga dapat dicampurkan dengan gula cair untuk membuat scrub yang bagus untuk wajah dan tubuh, hal ini untuk membantu pengelupasan sel-sel kulit mati dan menjadikan kulit halus dan lembut.

8. Mempercepat proses penyembuhan kulit

Minyak yang terbuat dari biji aprikot banyak mengandung vitamin C, asam gamma linolenat (GLA). Asam gamma linolenat berasal dari asam lemak esensial omega-6 dan vitamin E, B1, B2, B6, dan A. Kandungan ini merupakan bahan alami yang dapat mempercepat proses penyembuhan pada kulit, seperti ruam, kudis, eksim, dan psoriasis.

Selain itu, kandungan vitamin C juga dapat menstimulasi perbaikan jaringan yang menjadikan kulit tetap sehat tanpa menimbulkan bekas luka.

9. Mengatasi jerawat

Buah aprikot juga memiliki khasiat untuk menghilangkan jerawat yang membandel. Dengan menggunakan daging buah dan daun aprikot yang di blander, kemudian terapkan secara topikal pada wajah. Masker ini dapat membantu menghilangkan gatal yang disebabkan oleh paparan sinar matahari, kudis, dan eksim.

10. Mempercepat pertumbuhan rambut

Vitamin E yang terkandung dalam ekstrak minyak buah aprikot dapat membantu pertumbuhan rambut agar menjadi sehat dan mencegah kerontokan rambut. Selain itu vitamin E yang dikombinasikan dengan asam lemak akan bertindak sebagai penguat rambut dan mencegah kerusakan akibat radikal bebas.