Manfaat Buah Belimbing Untuk Kesehatan

Hidup Sehat – Buah belimbing (Averrhoa carambola) merupakan buah iklim tropis yang memiliki rasa asam-manis yang menyegarkan. Buah ini juga sering digunakan sebagai pengobatan ayurveda di daerah India, China dan Brazil.

Buah belimbing kaya akan kandungan serat, protein, karbohidrat, zar besi, magnesium, mangan, kalium, natrium, potasium, betakaroten, vitamin A,vitamin B9 (asam folat), vitamin B3, dan vitamin C. Dari kandungan yang dimiliki buah belimbing, buah ini mengandung banyak manfaat yaitu:

1. Anti-inflamasi

Buah belimbing dapat mengurangi risiko terkena peradangan dari radikal bebas, hal ini dikarenakan kandungan zat antioksidan flavonoid. Tidak hanya itu, kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah ini juga mampu membantu proses pegeluaran racun dalam tubuh.

Mengosumsi buah belimbing secara rutin dapat melawan peradangan yang bisa mempengaruhi kesehatan pembulu darah, tulang, atau bahkan di tingkat sel dan jaringan tubuh.

2. Sehat untuk jantung

Buah belimbing mampu untuk menjaga kesehatan jantung, hal ini dikarenakan kandungan kalium dan natrium yang mampu membantu dan menjaga tekanan darah tetap normal. Kandungan ini juga berfungsi seperti otot tubuh yang mempengaruhi kerja jantung agat tetap menjaga kesehatannya.

3. Anti-kanker

Kandungan antioksidan yang tinggi dalam buah belimbing dapat melawan berbagai macam radikal bebas dan zat karsinogenik pada tubuh. Mengosumsi buah belimbing juga dapat menurunkan risiko terkena kanker usus besar.

4. Kesehatan kulit

Kandungan antioksidan tidak hanya mampu mengeluarkan racun dalam tubuh, tetapi buah ini juga bisa menjaga kesehatan kulit. Hal ini dikarenakan kandungan antioksidan yang dapat memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak dan memperbaharui sel-sel tersebut. Sehingga efeknya menjadikan kulit lebih sehat, lebih lembap, dan mencegah munculnya jerawat hingga keriput.

5. Membantu produksi ASI

Jika Anda wanita yang sedang kesulitan memberikan ASi pada anak, tidak ada salahnya untuk mencoba mengosumsi buah belimbing. Kandungan yang baik seperti kalori, karbohidrat, mineral, kalsium dan zat besi dapat membantu Ibu dalam memproduksi ASI setelah melalui proses persalinan.

6. Menurunkan kolesterol

Buah belimbing sangat berguna bagi Anda yang memiliki kadar kolesterol tinggi dalam tubuh. Buah belimbing dipercaya mampu menurunkan kadar kolesterol, hal ini dikarenakan peningkatan pembuangan kolesterol, asam empedu dan lipid melalui kotoran. Serat dalam buah belimbing juga membantu menurunkan kolesterol total dalam tubuh.

7. Menjaga kadar gula darah

Kandungan serat yang dimiliki buah belimbing sangat tinggi sehingga dapat membantu penyerapan glukosa dan dapat memperlambat difusi glukosa dalam aliran darah, sehingga dapat membantu mengendalikan kadar glukosa dalam darah.

Makanan yang tinggi akan indeks glikemik (GI) seperti nasi putih dan roti, jika dikonsumsi secara berlebihan akan menyebabkan gula darah dan kadar insulin melonjak tinggi bagi penderita diabetes. Mengosumsi buah belimbing dapat memperlambat insulin dan gula darah yang diserap kedalam aliran darah.

8. Mengatasi Maag

Buah belimbing juga dapat digunakan untuk meringankan masalah perut seperti maag. Esktrak buah belimbing diketahui memiliki sifat anti-ulkus dikarenakan mengandung terpenoid, lendir dan flavonoid.

Buah belimbing dapat menyediakan lapisan pada mukosa gastrointestinal, hal ini dikarenakan kandungan lendir dalam buah ini. Sehingga membantu menghindari kerusakan akibat gastritis (kondisi disaat lapisan lambung mengalami iritasi).

Kandungan serat dalam buah belimbing juga dapat merangsang gerak peristaltik tubuh dan mencegah terkena asam lambung. Sehingga manfaat buah belimbing juga dapat melancarkan masalah pencernaan seperti mencegah sembelit.