Manfaat Dari Buah Sukun Untuk Kesehatan

Hidup Sehat – Buah sukun (Artocarpus altilis) adalah buah tropis yang banyak dijumpai di negara Indonesia. Buah ini memiliki daging yang berwarna putih dan memiliki rasa yang manis serta empuk. Sukun banyak digemari dikarenakan kandungannya yang sangat baik untuk kesehatan. Kandungan nutrisi dalam sukun yaitu karbohidrat kompleks, protein, serat, air, kalium, zat besi, kalsium, magnesiu, zink, fosfor, vitamin B, vitamin C, beta karoten, folat dan vitamin E.

Kandungan mineral dan vitamin dalam buah sukun lebih banyak dan lengkap dibandingkan dengan beras dan kentang, tetapi memiliki nilai kalori yang lebih rendah. Sehingga buah sukun sangat cocok sebagai makanan diet.

Berikut ini adalah manfaat mengosumsi buah sukun:

1. Menurunkan gula darah

Beberapa penelitian yang dilakukan pada percobaan terhadap hewan, diketahui bahwa buah sukun dapat menurunkan kadar gula darah dan menjaganya tetap stabil. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa buah sukun memiliki potensi dalam pengobatan bagi penderita diabetes.

Manfaat ini masih butuh penelitian lebih lanjut untuk memastikan bahwa buah sukun dapat mengobati penderita diabetes.

2. Menurunkan tekanan darah

Hasil penelitian yang dilakukan di laboratorium, menunjukkan bahwa ekstrak daun buah sukun dapat menurunkan tekanan darah. Penelitian ini masih dilakukan pada hewan, sehingga perlu penelitian lebih lanjut untuk manfaat buah sukun dalam pengobatan tekanan darah tinggi pada manusia.

3. Mengurangi peradangan

Beberapa Studi menunjukkan kandungan antioksidan dalam buah sukun dapat mengurangi aktivitas sel-sel tubuh yang bekerja dalam proses peradangan. Studi ini juga menunjukkan bahwa esktrak daun sukun efektif dalam mengurangi pembengkakan yang terjadi akibat peradangan.

4. Melindungi kesehatan jantung

Dari hasil penelitian yang sama, diketahui bahwa sari buah sukun memiliki efek dalam mencegah penyakit jantung. Hal ini diduga karena kandungan antioksidan yang tinggi pada buah sukun yang dapat mencegah pembentukan sumbatan atau aterosklerosis pada pembuluh darah, mengurangi kolesterol dan membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

5. Mencegah pertumbuhan sel kanker

Dari Kandungan nutrisi dan antioksidan buah sukun dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Kandungan antioksidan berfungsi dalam menjaga sistem kekebalan tubuh dan mengganti sel-sel tubuh yang rusak akibat radikal bebas. Hal ini menjadikan buah sukun yang dikonsumsi baik untuk menjaga tubuh terhindar dari berbagi penyakit.

Buah sukun yang dikonsumsi secara berlebihan juga dapat meningkatkan risiko terjadinya pendarahan dan hipotensi (tekanan darah rendah). Meski banyak penelitian yang dilakukan, akan lebih baik untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui manfaat buah sukun untuk kesehatan.