Manfaat Sagu Untuk Kesehatan

Hidup Sehat – Sagu merupakan salah satu bahan makanan yang banyak dipakai oleh masyarakat di Indonesia bagian timur, terutama bagian daerah Papua dan Maluku. Sagu merupakan bahan makanan yang diperoleh dari pengolahan batang pohon jenis palem tropis (Metroxylon sagu). Selain digunakan sebagai makanan utama, sagu juga dapat diolah menjadi berbagai aneka makanan yang lezat, seperti kue atau pasta.

Selain menjadi makanan yang lezat, sagu memiliki kandungan yang sehat untuk tubuh. Kandungan nutrisi tersebut terdiri dari karbohidrat, serat, protein, sodium, potasium, lemak total, dan lemak jenuh. Sagu juga mengandung vitamin dan mineral tetapi tidak sebanyak kandungan lain.

Berikut manfaat sagu untuk kesehatan:

1. Sebagai sumber energi

Sagu yang memiliki kandungan karbohidrat yang banyak menjadi alternatif yang baik untuk suplemen alami penambah energi dalam tubuh. Tubuh akan memerlukan banyak energi pasca melakukan olehraga yang berat.

kandungan yang dimiliki oleh sagu dapat mengembalikan energi yang hilang dalam tubuh, dikarenakan sagu dapat meningkatkan produksi senyawa glukomasin alami dalam tubuh, kandungan inilah yang dapat memperbaiki keseluruhan pergerakan sendi dan pemulihan otot sekitarnya.

2. Mencegah darah tinggi

Tepung sagu sejak dulu digunakan untuk menyembuhkan stress, hipertensi, dan memegang peranan penting dalam perawatan alami untuk masalah kardiovaskular. Kandunga porasium dalam sagu dapat meningkatkan sirkulasi darah dan keseluruhan sistem kardiovaskular. Hal ini menjadikan sagu sebagai salah satu pengobatan untuk masalah hipertensi.

3. Memperlancar sistem pencernaan

Mengosumsi sagu dapat membantu memperbaiki keseluruhan sistem pencernaan. Sagu sejak dulu digunakan dalam penyembuahan berbagai penyakit pencernaan seperti sembelit, kembung, asam lambung, maag dan gaunggan pencernaan lainnya.

Kandungan sagu dapat meningkatkan produksi enzim pencernaan dan pergerakan usus secara keseluruhan dengan cara melindungi usus agar tidak kering. Oleh karena itu sagu sering diresepkan untuk pasien yang memiliki penyakit gastroenteritis (mutaber), hal itu disebabkan dari sagu mampu memberikan efek menenangkan dan mendinginkan perut dari rasa sakit.

4. Meningkatkan kesehatan tulang dan sendi

Sagu juga mengandung akan kalsium, zat besi dan mineral lainnya yang dapat membantu dalam perbaikan tulang dan persendian. Selain dapat meingkatkan produksi glukosamin, sagu juga dapat mempengaruhi kepadatan tulang, fleksibilitas dan gerakan sendi. Jika kadar glukosamin meningkat dalam tubuh akan menimbulkan peningkatan produksi cairan sinovial yang dapat ditemukan dalam jumlah kecil diantara selubung sendi dan selubung tendon, sehingga berfungsi untuk fleksibilitas gerakan persendian.

5. Masker wajah alami

Sagu untuk kecantikan sudah tidak diragukan lagi, hal ini dikarenakan sudah banyak produk kecantikan yang menggunakan sagu, seperti bedak dan masker wajah. Sagu dapat bekerja sebagai exfoliator kulit yang sangat bagus. Sagu juga dapat membantu mempercepat dalam penyembuhan bekas luka dan menghasulkan kulit.