Kasiat dan Manfaat Kunyit Putih Bagi Kesehatan

Hidup Sehat – Kunyit merupakan jenis rempah yang sudah dikenal luas, baik di Indoneisa maupun mancanegara. Kunyit putih (Zedoaria atau Curcuma Zedoaria) merupakan jenis tanaman rempah yang dapat digunakan dari akar, minyak, dan daunnya sebagai obat. Ciri-ciri kunyit putih memiliki dagaing yang lebih lunak dan rasanya yang hampir sama dengan jahe, akan tetapi meninggalkan rasa getir di akhir. Kunyit putih juga tidak kalah manfaatnya dengan kunyit orange dan kunyit merah.

Berikut manfaat dari kunyit putih untuk kesehatan tubuh:

1. Sebagai obat alergi alami

Kandungan senyawa curcuminoids dalam kunyit putih, memiliki manfaat sebagai antialergi. Hal ini dikarenakan kunyit putih dapat bekerja sebagai antihistamin yang berfungsi untuk mengahambat aktivitas kerja protein yang menyebabkan peradangan dan mencegah pelepasan histamin, yaitu zat kimia yang dapat memicu reaksi alergi.

2. Antimikroba dan Antijamur

Journal of Pharmacy and Pharnacology mengungkapakan bahwa kunyit putih memiliki sifat antimikroba dan antijamur yang cukup baik. Esktrak kunyit putih sudah terbukti dalam mengahadapi beberapa spesies bakteri penyebab penyakit E.Coli dan Staphylococcus Aureus. Gejala yang ditimbukan dari penyakit E.Coli adalah diare, demam, keram perut, dehidrasi, mual, dan nafsu makan berkurang. Sedangkan Staphylococcus Aureus akan menimbulkan bisul, impetigo, selulitis, sepsis, dan osteomielitis.

Kunyit putih juga dapat menjaga dan melawan infeksi jamur seperti Candida dan Aspergillus. Selain itu, kunyit putih juga dapat mengatasi beberapa bakteri jahat di dalam mulut, dengan hasil yang sama dengan produk obat kumur.

3. Mencegah kanker

Kandungan zat RIP (Ribosom Inacting Protein) yang dapat mencegah, merontokkan, memblokir, dan menonaktifkan sel kanker dalam tubuh, tanpa merusak sel baik di sekitarnya, masih harus memerlukan penelitian lebih lanjut.

Berdasarkan Journal of Pharmacy and Pharnacology, kuyit putih dapat menghambat metastasis kanker dari suatu organ ke organ yang lain di dalam tubuh.

4. Mengatasi masalah pencernaan

Kandungan yang dimiliki oleh kunyit putih sudah dipercaya sebagai obat untuk mengatasi masalah pencernaan. Kunyit putih yang di esktrak menjadi minyak esensial dipercaya dapat mengobati maag, perut kembung, sembelit, kolik, kejang otot, dan masalah lambung lainnya.

Akar kunyit putih yang dijadikan tepung dapat mengurangi jumlah serta tingkat keasaman cairan lambung, sehingga dapat mengobati tukak lambung.

5. Meringankan rasa sakit

Kandungan analgesik yang terdapat dalam kunyit putih mampu mengurangi rasa sakit yang dialami oleh tubuh.

6. Penawar Bisa ular

Esktrak kunyit putih berkhasiat untuk menjadi pertolongan pertama yang ampuh sebagai penawar serta penghambat aktivitas racun yang dihasilkan ular dalam tubuh.

Kunyit putih jika dikosumsi dengan baik dan benar tidak akan menimbulkan dampak penyakit bagi kesehatan. Akan tetapi perlu untuk berkonsultasi ke dokter agar mendapatkan hasil yang maksimal, khusus untuk wanita hamil dan ibu menyusui. Agar tidak berdampak buruk untuk dikemudian hari.